Ketua DPRD DKI: Anies Harus Turun ke Bawah, Jadi Tahu Masalah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 23 Jul 2018 17:29 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Pras) meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan banyak turun ke lapangan. Dugaan pungli terjadi karena Anies dinilai tak tahu masalah di birokrasi.

"(Anies) harus turun ke bawah, jadi tahu masalah. Jangan di dalam kantor. Ada di lapangan, disentuh," kata Pras di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).


Pras menyebut sudah mendapat informasi adanya dugaan pungli di salah satu kelurahan di Jakarta Selatan. Dia mengatakan masih mengantongi informasi mengenai oknum kelurahan lainnya yang melakukan pungli.

"Nanti ada lagi, tapi nggak saya kasih tahu," ujar Pras.


Pras membandingkan Anies dengan kinerja gubernur terdahulu, Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dinilainya berhasil melakukan reformasi birokrasi karena turun ke lapangan.

"Dulu Pak Jokowi ada kok di lapangan. Itu ke mana-mana kok, jalan kok. Masyarakat dihargain," jelas Pras.


Sebelumnya, Pemprov DKI sedang menyelidiki dugaan pungutan liar oleh oknum lurah. Laporan mengenai pungli itu didapat dari aduan masyarakat.

"Ada beberapa laporan yang sedang kita TL (tindak lanjuti) di Biro Pemerintahan ya dan terkait pungli-pungli tersebut. Memang kan beberapa pengaduan," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/7).



Tonton juga 'Ombudsman Sebut Kinerja Satgas Saber Pungli Belum Efektif':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/jbr)