DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 13:52 WIB

JK Dorong Negara Pasifik Bikin Aturan Bersama soal Ekosistem Laut

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Dorong Negara Pasifik Bikin Aturan Bersama soal Ekosistem Laut Foto: JK di forum parlemen Indonesia-Pasifik (Noval/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong negara-negara yang berada di kawasan Pasifik untuk membuat aturan bersama terkait ekosistem laut. Tujuannya untuk promosi perikanan yang berkelanjutan.

"Karena itu maka usaha untuk mempromosikan perikanan yang berkelanjutan, sustainable fisheries tentu sangat penting untuk kita semua dan juga bagaimana kita membuat aturan-aturan yang berkait, bersamaan untuk melindungi ekosistem (laut) pasifik," ujar JK dalam sambutannya di acara Indonesia-Pasific Parlementary Partnership, Human Development and Maritime Sustainability, di Grand Hyat, Jakarta, Senin (23/7/2018).


Menurut JK, tanpa kebersamaan aturan tidak mudah bagi negara-negara pasifik untuk menjaga ekosistem laut, khususnya menjaga ekosistem dari pelanggaran illegal fishing dan pencemaran limbah palstik di laut.

"Sebagai negara kepulauan, tentu kita mempunyai perikanan yang baik, karena itu masalah-masalah illegal unreported unregulated fishing itu menjadi masalah bersama karena merupakan sumber pendapatan dan kemajuan daripada negara-negara adalah perikanan tersebut," katanya.

Limbah plastik di laut dikatakan JK juga mengancam negara pasifik yang pemasukannya dari pariwisata kelautan.

"Polusi plastik contohnya, marine pollution pada umumnya, sebagai negara-negara yang antara lain pendapatannya dari turisme, tentu polusi ini menyebabkan berkurangnya pendapatan atau pun potensi turisme dari banyak negara, dan juga kehidupan kita semuanya," jelasnya.
(nvl/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed