DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 00:49 WIB

Sidak Lapas Cipinang, Kemenkum HAM Temukan Alat Komunikasi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sidak Lapas Cipinang, Kemenkum HAM Temukan Alat Komunikasi Suasana sidak di Lapas Cipinang. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Petugas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) melakukan sidak di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur. Dalam sidak tersebut, petugas mengeluarkan sejumlah barang elektronik, alat komunikasi hingga senjata tajam dari dalam kamar tahanan.

"Sebagaimana arahan, malam ini dikeluarkan barang- barang yang dilarang berada di dalam kamar tahanan, misalnya alat-alat yang menggunakan listrik baik yang dalam pemahamannya bermanfaat bagi warga binaan maupun yang membahayakan termasuk juga alat komunikasi, yang pastinya senjata tajam maupun benda-benda yang dapat membahayakan nyawa seseorang," kata Kepala Lapas kelas I Cipinang R Andika Dwi Prasetya kepada wartawan di lokasi, Minggu (22/7/2018).



Andika menjelaskan, sidak dilakukan pada malam ini sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Sebanyak 100 personel dikerahkan dalam sidak tersebut.

Benda-benda yang ditmukan di Lapas Cipinang. Benda-benda yang ditmukan di Lapas Cipinang. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom


"Kurang lebihnya ada 100 personel yang ditugaskan untuk menggeledah terhadap kamar-kamar dan blok hunian tahanan ini," ujarnya.

Menurutnya, sidak kali ini difokuskan di Blok Tipe III Wisma Wahyudim Suryobroto. Andika menjelaskan blok tersebut dihuni oleh warga binaan kasus tindak pidana kriminal umum, kasus narkotika, dan tindak pidana korupsi.



"Blok tersebut berisi 285 orang, terdiri dari 110 kamar. Yang mana penghuni blok yang kami geledah mereka yang dijatuhi hukuman 10 tahun ke atas, seumur hidup, dan pidana mati," terangnya.

Dia menuturkan, hingga hari ini total penghuni Lapas Kelas 1 Cipinang sebanyak 3.646 orang. Menurutnya jumlah itu jauh melebihi kapasitas seharusnya lapas yang hanya 800 orang.

"Di mana kapasitasnya sendiri hanya 800 orang, bisa dibayangkan bahwa penghuni sangat jauh melebihi kapasitas yang ada," tuturnya.
(ibh/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed