DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 06:14 WIB

Keluarga Cendana Berlabuh ke Berkarya, Golkar Tak Gentar

Aditya Mardiastuti - detikNews
Keluarga Cendana Berlabuh ke Berkarya, Golkar Tak Gentar Foto: Wasekjen Golkar M Sarmuji (dok. pribadi)
Jakarta - Anak-anak Presiden RI ke-2 Soeharto, resmi menjadi kader Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto). Partai Golkar pesimistis Berkarya bisa eksis dan mampu bersaing dalam kontestasi Pileg 2019.

"Partai Berkarya sulit bersaing dengan partai lain termasuk Golkar. Partai sulit bersaing hanya mengandalkan ingatan masa lalu tentang tokoh yang sebenarnya tidak bersambung langsung dengan partai tersebut," kata Wasekjen Golkar Sarmuji lewat pesan singkat, Sabtu (21/7/2018).


Sarmuji kemudian menyinggung Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) yang pernah didirikan oleh Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Tutut) yang kini sudah tak ada gaungnya lagi. Menurut Sarmuji, kekuatan Keluarga Cendana telah dibuktikan lewat PKPB yang kini sudah tak eksis lagi.

"Apalagi eksperimen politik Keluarga Cendana sebenarnya sudah pernah dilakukan melalui PKPB dan ternyata gagal. Partai Berkarya ini tidak kurang dan tidak lebih hanya repetisi dari nasib PKPB karena modalitas politiknya juga tidak melebihi PKPB," urainya.


Seluruh anak-anak Soeharto yang bergabung di Berkarya adalah Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Tutut), Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek). Titiek sebelumnya merupakan kader Golkar dan mundur setelah Tommy menjabat sebagai Ketum Berkarya.

Partai Berkarya dipimpin oleh Tommy Soeharto. Dari lima orang ada tiga yang maju sebagai caleg, yakni Tommy, Titiek, dan menantu Tutut, Muhammad Ali Reza.
(ams/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed