DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 14:26 WIB

Panitia Awasi Layanan Hotel untuk Jemaah Haji Harus Sesuai Kontrak

Fajar Pratama - detikNews
Panitia Awasi Layanan Hotel untuk Jemaah Haji Harus Sesuai Kontrak Kadaker Mekah Endang Jumali (Foto: Fajar Pratama/detikcom)
Mekah - Musim haji 2018 sudah berjalan. Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi akan memastikan manajemen hotel tempat jamaah haji tinggal memenuhi setiap detail kesepakatan. PPIH akan mengawal setiap pelayanan yang diberikan oleh hotel kepada jemaah.

Jemaah, setibanya di Arab Saudi, akan menempati hotel yang sudah disiapkan. Jemaah akan mendapatkan sejumlah fasilitas antara lain: kasur dengan seprei baru dan selimut, air minum, dispenser di luar kamar, sabun mandi, petugas kebersihan yang siaga 24 jam, keamanan, dan air bersih baik untuk mandi maupun minum. Fasilitas lainnya adalah mesin cuci dan handuk.

Tak hanya itu saja, dispenser di setiap lantai harus selalu terisi. Jika habis, pengelola hotel wajib segera mengisinya. Jemaah dapat mengeluhkan dispenser kosong kepada panitia haji agar segera diisi.


"Kami selalu berkomunikasi. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar ya. Insya Allah kami akan memastikan para jamaah mendapatkan yang terbaik," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Endang Jumali, kepada wartawan di kantor kerjanya di kawasan Syisyah, Mekah, Sabtu (21/7/2018).

Endang mengatakan pihaknya selalu mengingatkan kontrak kerja yang sudah disepakati kepada para pengelola hotel. Acuan tersebut harus ditaati dan dipenuhi agar pelayanan jamaah haji menjadi lebih baik.


Ini video Jemaah Haji Indonesia Banyak yang Tersesat di Masjid Nabawi

[Gambas:Video 20detik]



"Kami terus berkoordinasi agar tamu-tamu Allah mendapatkan yang terbaik," ujar Endang.

Kecukupan air minum menjadi perhatian serius PPIH. Itu disebabkan karena masa haji tahun ini berada di musim panas. Bahkan pada saat puncak haji di Arafah suhu akan mencapai 53 derajat celcius.
Panitia Awasi Layanan Hotel untuk Jemaah Haji Harus Sesuai Kontrak

(fjp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed