DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 19:09 WIB

Bacaleg Demokrat Diingatkan Jangan Politik Uang

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Bacaleg Demokrat Diingatkan Jangan Politik Uang Foto: Lutfhy Syahban/Tim Infografis detikcom
Jakarta - Anggota DPR dua periode dari Fraksi Demokrat Umar Arsal memberikan pengarahan bagi kader yang maju sebagai bakal caleg.

"Kalau mau jadi caleg luruskan niat untuk apa? Paling tidak untuk memperjuangkan daerah pemilihan kita. Jangan sampai dua tiga periode nggak terasa untuk rakyat," kata Umar di Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

"Prosesnya harus benar, jangan ambil yang bukan hak apalagi mengambil uang. Pasti ada bencana. Ini mesti dipegang betul-betul tips saya," imbuhnya.



Umar mengatakan dirinya tidak pernah menggunakan politik uang selama kampanye. Umar hanya memberikan cendera mata saat kampanye.

"Saya dua periode tidak pernah mengeluarkan amplop. Jadi tidak ada money politics, tidak pernah keluarkan amplop untuk cari suara. Tapi saya kasih cinderamata. Saya konsultasi sama KPU pokoknya di bawah Rp 25 ribu. Cinderamata jangan niat untuk beli suara," ujar Umar.

Menurutnya, kondisi caleg baru dengan petahana memang berbeda. Caleg petahana akan lebih mudah mengenalkan diri.

"Caleg incumbent agak beda dengan caleg yang belum incumbent. Kalau incumbent sudah punya dana aspirasi, itu lebih mudah. Kalau kita memang betul pasti nombok. Tidak ada yang disimpan dari dana aspirasi," tuturnya.
(yas/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed