DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 19:07 WIB

Jokowi Unggul di Survei LIPI, Golkar Makin Yakin Jokowi Berjaya

Tsarina Maharani - detikNews
Jokowi Unggul di Survei LIPI, Golkar Makin Yakin Jokowi Berjaya Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) unggul dalam hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Partai Golkar makin yakin Jokowi memenangi Pilpres 2019.

"Kami makin yakin bahwa Pak Jokowi akan memenangkan pertarungan Pilpres 2019, walaupun waktunya masih sembilan bulan lagi," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan kepada wartawan, Kamis (19/7/2018).


Jokowi Unggul di Survei LIPI, Golkar Makin Yakin Jokowi BerjayaAce Hasan (Andhika Prasetia/detikcom)

Meski begitu, Ace mengaku hal itu tak akan membuat Golkar lengah. Sebab, hingga kini peta pasangan capres-cawapres masih sangat abu-abu.

"Tetapi kami tidak boleh lengah. Konfigurasi pasangan pilpres dengan masih belum jelas. Kita harus lihat terlebih dahulu siapa calon kompetitor yang lainnya," ujarnya.

Ace menuturkan hasil survei LIPI yang menempatkan Jokowi dengan raihan 46% dari top of mind menunjukkan tingginya pemilih setia Jokowi. Selain itu, raihan di kisaran 50% dalam simulasi tertutup juga menunjukkan mayoritas suara pemilih.


"Kita semakin optimis dengan hasil survei LIPI ini. Dengan perolehan 46% dari top of mind ini sesungguhnya menunjukkan tingginya jawaban spontanitas pemilih terhadap Pak Jokowi. Empat puluh enam persen itu artinya pemilih yang sangat kuat strong voters dan tak akan pernah pindah ke kandidat lain," sebut Ace.

"Sementara lawan terdekatnya, Pak Probowo, perolehannya hanya 17%. Nama-nama yang lain jauh di bawah nama Pak Prabowo," imbuhnya.

Hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan tingkat keterpilihan (elektabilitas) Joko Widodo (Jokowi) jauh lebih unggul dibanding Prabowo Subianto.

"Pilihan capres lewat pertanyaan terbuka/top of mind, Jokowi 46 persen, Prabowo Subianto 17 persen," kata peneliti senior Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Wawan Ichwanuddin dalam paparan hasil survei di Hotel Century Park, Jakarta, hari ini.


Dari pertanyaan terbuka/top of mind, Gatot Nurmantyo dipilih 1 persen responden. Sebanyak 32 persen responden tidak menjawab dan 5 persen responden menyebutkan nama lain.

Survei LIPI melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018.
(tsa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed