DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 17:25 WIB

Kondisi Terakhir Lapak Pedagang di Kelapa Gading yang Tebakar

Eva Savitri - detikNews
Kondisi Terakhir Lapak Pedagang di Kelapa Gading yang Tebakar Foto: Eva Savitri/detikcom
Jakarta - Enam lapak pedagang di Jalan Pelepah Raya RW 05, Kelapa Gading, Jakut, hangus terbakar pada Kamis (18/7) malam. Lapak-lapak tersebut kini rata dengan tanah.

Kasudin usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Arifin menegaskan tidak akan melakukan relokasi terhadap lapak lokasi sementara (loksem) tersebut.

"Nggak (direlokasi), kita bantu renovasi aja nanti," ujar Arfian ketika dihubungi detikcom, Kamis (19/7/2018).

Arfian tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun, menurut dugaannya api berasal dari korsleting listrik di kios milik pedagang pulsa.

"Belum tahu kalau penyebabanya, tapi api diduga berasal dari konsleting arus listrik yang awalnya dari sebuah kios pedagang pulsa," ucapnya.

Dari enam kios yang terbakar diantarannya meliputi kios konter pulsa, tambal ban, warung kelontong, dan tiga kios burung. Ia mengatakan semua barang di dalam kios itu hangus terbakar.


Saat ini, jelas Arfian pihaknya sedang mengurus surat untuk merenovasi kembali lokasi binaannya tersebut. Setelah itu untuk antisipasi, pemilik kios tidak diperbolehkan tinggal di loksem itu.

"Sekarang kita lagi urus semuanya untuk bisa direnovasi. Ke depannya kita imbau untuk tidak tinggal di situ. Kalau sekadar nunggu saja boleh. Itu kan karena mereka sudah orang lama banget jadi alasannya sekalian nunggu tapi ditempatin," ujarnya.

Sementara itu, Diah (57) pemilik kios kelontong mengatakan barang milik dagangannya saat ludes terbakar. Dirinya pun mengungsi ke tempat saudaranya untuk tempat tinggal sementara.

"Iya semuanya kebakar, di situ ada uang modal, uang simpanan, uang pribadi semuanya pokoknya. Saya sementara ya belum bisa jualan ngungsi dulu di rumah saudara," tuturnya.

Sebelumnya kebakaran dilaporkan terjadi di Jalan Pelepah Raya RW 05, Kelapa Gading, Jakut, pada Rabu (18/7) pukul 23.45 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed