DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:03 WIB

Dijauhi PA 212, PKB: Peserta 212 Banyak Nahdliyin

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Dijauhi PA 212, PKB: Peserta 212 Banyak Nahdliyin Wasekjen PKB Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Jakarta - Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyebut ada perintah dari Habib Rizieq Syihab untuk menjauhi sejumlah partai, salah satunya PKB. Apa kata PKB?

"Bagaimana mungkin memutus hubungan dan silaturahmi?" ujar Wasekjen PKB Daniel Johan kepada detikcom, Kamis (19/7/2018).


Daniel mengatakan, bagaimanapun, PA 212 dan PKB merupakan anak-anak bangsa Indonesia. Keduanya diikat dengan akar kuat dalam sejarah.

"PKB akan menjadi sahabat semuanya, termasuk 212. Apalagi peserta 212 juga banyak nahdliyin," ujarnya.

Apalagi, kata Daniel, selama ini partainya juga memperjuangkan kemaslahatan dan kesejahteraan umat Islam di Indonesia.

"PKB akan tetap menjaga ukhuwah sesuai fondasi keislaman dan Pancasila," kata Daniel.


Kendati demikian, ia tak mempermasalahkan jika nanti partainya memang dijauhi. PKB akan tetap bekerja berfondasikan keislaman dan Pancasila.

"Yang penting seluruh kader PKB setia dan dekat dengan rakyat, peduli, dan tidak lelah memperjuangkan kesusahan dan aspirasi terdalam rakyat," ujarnya.

PA 212 menyebut ada perintah dari Habib Rizieq Syihab untuk menenggelamkan PDIP. Ada juga perintah untuk memutus hubungan dengan parpol-parpol koalisi PDIP.

"Para ulama telah menginstruksikan untuk menjauhi dan memutus hubungan dengan partai-partai (NasDem, Perindo, Hanura, PPP, Golkar, PKB, dan lain-lain) pendukung penista agama," kata Ketua Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/7).


PA 212 meminta semua simpatisan dan aktivisnya berupaya menenggelamkan PDIP dkk di Pemilu 2019. Bagi PA 212, partai-partai tersebut adalah pendukung penista agama.

"Sikap kami sudah jelas, PA 212 di bawah komando Habib Rizieq Syihab tidak pernah akan mendukung siapa pun yang diusung kelompok penista agama, apalagi PDIP," ujar Ketum PA 212 Slamet Maarif kepada wartawan, Rabu (18/7).
(mae/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed