DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 13:47 WIB

Sekda DKI Tuding Ada yang Hasut Laporkan Pencopotan Walkot

Mochamad Zhacky - detikNews
Sekda DKI Tuding Ada yang Hasut Laporkan Pencopotan Walkot Sekda DKI Saefullah (Fida/detikcom)
Jakarta - Sekda DKI Jakarta Saefullah mengaku bertemu dengan sejumlah wali kota yang diberhentikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Saefullah mengklaim beberapa dari eks wali kota itu menerima keputusan Anies.

"Tapi ada beberapa kok yang begitu, 'Bapak kenapa? Ada terganggu atau tidak?' 'Nggak, saya ikhlas'," kata Saefullah menirukan percakapannya dengan wali kota yang dicopot Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).


Saefullah juga sempat mendengar cerita sejumlah eks wali kota yang diajak mempersoalkan pergantian wali kota itu. Namun Saefullah tak mengungkap siapa pihak yang diajak dan yang mengajak.

"Beberapa yang datang ke saya ikhlas lho padahal. Dia ditarik-tarik untuk, 'Ayo Pak, ngadu, ayo Pak, ngadu,' tapi dia nggak mau," terang Saefullah.


Saefullah memastikan pergantian wali kota, kadis, atau kepala badan dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku. Salah satu indikator pergantian adalah kinerja.

"Ada evaluasinya. Ada pokoknya, kinerja masuk kesalahan juga, ada kinerja rendah. Tentu semua tidak bisa dibuka ke publik, terkait hal yang bersifat privasi kan nggak boleh. Ini kan soal waktu kita nggak bisa setop," ujar Saefullah.

Pergantian wali kota, kadis, dan kepala badan yang dilakukan Anies saat ini sedang diselidiki Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Yang sedang diselidiki apakah dalam proses pencopotan itu ada pelanggaran prosedur.


(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed