DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 10:19 WIB

5 Perampok Ratusan Juta Uang Nasabah Dibekuk, Tiga Ditembak

Ibnu Munsir - detikNews
5 Perampok Ratusan Juta Uang Nasabah Dibekuk, Tiga Ditembak Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Makassar - Tim Khusus Polda Sulsel membekuk lima pelaku pencurian ratusan juta uang nasabah bank di Tana Toraja. Dari 5 pelaku, 3 di antaranya ditembak polisi setelah melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat ditangkap.

"Tim khusus Polda Sulsel dipimpin berhasil mengamankan laki-laki di Hotel Ayu Kabupaten Wajo dengan dugaan pelaku pencurian dengan korban nasabah bank. Sekitar pukul 06.00 WITa diamankan terduga pelaku pencurian dengan korban nasabah bank yg terjadi di Kabupaten Tana Toraja," kata Panit Timsus Polda Sulsel, Aiptu Iqbal Muh Kosman, di Makassar, Kamis (19/7/2018).

Polisi yang melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti, terpaksa harus menembak 3 pelaku setelah berusaha kabur dan melawan petugas usai ditangkap.

"Melakukan penunjukan TKP Takalar namun ketika hendak di turunkan dari mobil, tersangka melakukan perlawanan dengan mencoba melarikan diri sehingga personel melakukan tembakan peringatan ke udara namun tidak di indahkan sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki tersangka pada bagian kaki," jelasnya.

Para pelaku ini menjalankan aksinya dengan memiliki peran masing masing. Seperti mengelabuhi korbanya, memantau situasi, hingga mengambil uang nasabah dengan mencongkel mobil milik korbanya.

"Perannya mereka beda-beda ada mengunakan motor pantau situasi, melihat target korban, bahkan eksekutornya dengan moncongkel mobil korbanya yang baru keluar dari bank," terangnya.

Para pelaku ini yakni, Aldi Yudhistira (35), Rizal Harun (38), Indra Gunawan alias Chandra (34),Harri Junaidi (32), Aldy Syahputra (34) dibawah ke Posko Timsus Polda Sulsel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kelimanya rencananya akan diserahkan ke Polres Tana Toraja.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed