DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 16:46 WIB

180 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar

Raja Adil Siregar - detikNews
180 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Foto: Kebakaran lahan di Sumsel (BPBD Sumsel)
Palembang - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir. Sampai hari ini, tercatat sudah ada 180 hektare lahan dan hutan yang terbakar.

Dari data yang dihimpun, lahan terbakar terjadi sejak Minggu (15/7) di Desa Kayu Labu dengan luas sekitar 75 hektare. Selanjutnya kebakaran terjadi di Desa Cinta Jaya, dengan luas 105 hektare.



"Saat ini lahan terbakar itu masih terjadi, petugas masih berupaya memadamkan api di lahan yang terbakar di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pemadaman sendiri dilakukan baik malalui darat dan udara," kata Kaposko Penanggulangan Karhutla BPBD Sumsel, Ansori, Rabu (18/7/2018).

Untuk pemadaman melalui udara, kata Ansori, ada 3 heli water bombing yang diterjunkan. 2 heli water bombing milik BPBD dan satu heli milik perusahaan swasta.

Diakui Ansori, untuk kebakaran lahan di Cinta Jaya memang berada di wilayah konservasi perusahaan. Sedangkan di Kayu Labu, api mulai menjalar di lahan gambut kosong yang sulit dipadamkan.

"Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, untuk lahan gambut kami perlu pemadaman optimal. Sejauh ini masih terus diselidiki penyidik Polda Sumsel penyebabnya," kata Ansori.



Secara terpisah, Dasatgas Udara Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Sutrisno menyebut pihaknya sudah melakukan patroli secara rutin. Patroli dilakukan di beberapa titik rawan karhutla, termasuk di wilayah Ogan Komering Ilir.

"Sampai siang ini ada tiga heli yang terbang, satu heli untuk pemantauan berdasarkan informasi titik dimana terjadi kebakaran. Sedangkan heli lain melakukan pemadaman bergantian," kata Sutrisno.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed