Pujian Jokowi untuk Presiden Mikronesia yang Keturunan Ambon

Ray Jordan - detikNews
Rabu, 18 Jul 2018 12:21 WIB
Presiden Jokowi kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M Christian. (Jordan/detikcom)
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang atas kehadiran Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M Christian ke Indonesia. Terlebih Peter memiliki keturunan dari suku Ambon, Maluku.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya, bagi Indonesia, dapat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Peter Christian dari Federasi Mikronesia," kata Jokowi setelah menyambut kedatangan dan melakukan pertemuan bilateral dengan Peter di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).



Jokowi mengatakan ini merupakan kunjungan pertama Peter sebagai Presiden Mikronesia ke Indonesia. Dikatakan Jokowi, Indonesia dan Mikronesia memiliki banyak kesamaan.

"Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia adalah kunjungan pertama beliau ke Indonesia sebagai presiden. Meskipun jarak Indonesia dan Federasi Mikronesia cukup jauh, 7 jam lebih penerbangan langsung, namun banyak kesamaan yang dimiliki dua negara. Kita adalah sama-sama bangsa pasifik, kita sama-sama negara kepulauan. Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau," jelas Jokowi.

Selain itu, Peter diketahui sudah tidak asing lagi terhadap Indonesia. Peter memiliki darah keturunan Ambon, suku asli Indonesia.

"Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia. Dalam kunjungan ke Indonesia ini, beliau juga akan pulang kampung ke Ambon," katanya.

Tonton juga 'Ketum PPP Ungkap 10 Nama Cawapres di Kantong Jokowi, Siapa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]



"Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antarmasyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan, bahkan ratusan tahun yang lalu. Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia menjadi tonggak baru hubungan kedua negara, sebuah hubungan yang sangat saling menghormati dan saling menguntungkan," imbuhnya.

Pujian Jokowi untuk Presiden Mikronesia yang Keturunan Ambon
(jor/rvk)