DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 00:47 WIB

Dapat Izin Jokowi, Menag Lukman Ikut Nyaleg di Pemilu 2019

Zunita Amalia Putri - detikNews
Dapat Izin Jokowi, Menag Lukman Ikut Nyaleg di Pemilu 2019 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: dok. Kemenag)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Jakarta - PPP menjadi penutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif yang mendaftarkan kadernya dengan jumlah 575 orang melalui 80 dapil. PPP menyebut bacaleg yang didaftarkan terdiri atas beberapa kalangan, salah satunya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, yang telah mendapat izin dari Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah menjelang batas waktu pendafataran caleg 2019, kami akhirnya sampai disini dan mendaftarkan caleg kami. Jumlahnya 575 orang, terdiri dari berbagai elemen," ujar Sekjen PPP Arsul Sani dalam konferensi pers di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).



"Caleg kami juga banyak dari eksternal, terdiri atas beberapa perwira TNI-Polri, profesional, mantan pegawai BUMN, kalangan akademisi, dan aktivis ormas Islam, ulama. Totalnya 575. Alhamdulillah bisa kami daftarkan, termasuk Menteri Pak Lukman Hakim, yang pada akhirnya mendaftarkan setelah mendapat izin dari Jokowi. Rommy tak termasuk," sambungnya.

Ia mengatakan alasan Ketum PPP Romahurmuziy tidak mendaftar menjadi caleg karena dimaksudkan untuk fokus kampanye ke seluruh dapil dan memfokuskan diri jika nantinya dipilih menjadi cawapres Jokowi.

"Kenapa Rommy tak jadi caleg, supaya Rommy bisa turut serta dalam kampanye di seluruh dapil yang ada di Nusantara. Kalau (Rommy) cawapres, kita lihat ada di kantong Pak Jokowi," jelasnya.



Terkait peraturan KPU yang melarang napi korupsi menjadi caleg, PPP mengatakan telah memenuhi syarat tersebut melalui penjaringan kader.

"Kami sudah lakukan seleksi, ada mantan napi korupsi, tapi kan terlepas dari kesepakatan pemerintah DPR dan KPU. Kami menandatangani pakta integritas. Akhirnya PPP memutuskan tidak mengakomodasi caleg napi dari kasus yang tak bisa. Apabila terbukti, kami akan coret," tegas dia.
(nkn/nkn)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed