DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 13:14 WIB

Wakapolri Dorong Penguatan Teknologi Buatan Indonesia

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Wakapolri Dorong Penguatan Teknologi Buatan Indonesia Foto: Wakapolri Komjen Syafruddin (Novel DA/detikcom)
Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin mendorong penguatan teknologi di Indonesia makin canggih. Apalagi saat ini ancaman di Indonesia saat ini banyak datang dari dunia maya.

"Teknologi itu canggih dan Indonesia harus menguatkan teknologi kita dan sumber daya kita. Kita dorong untuk penguatan teknologi tapi buatan Indonesia sendiri," kata Syafruddin saat menghadiri Kongres Teknologi Nasional (KTN) yang digelar BPPT di Gedung BPPT, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).


Syafruddin berharap Indonesia mampu mengembangkan teknologi dari produsen lokal. Mengingat Indonesia adalah sebuah pasar besar.

"Poinnya begini, kemajuan teknologi harus kita rebut. Tapi tentu sebagai catatan bahwa teknologi lokal dan nasional harus kita kedepankan, karena Indonesia itu pasar besar," sebutnya.


Syafruddin menambahkan ancaman Indonesia saat ini tak hanya datang dari fisik tapi juga dari dunia maya. Untuk itu, dia mengimbau agar teknologi di bidang pengamanan dapat ditingkatkan.

"Sekarang yang dihadapi bukan hanya ancaman fisik, tapi ancaman dunia maya. Kita harus mempersiapkan teknologi di bidang keamanan sangat diperlukan. Kita perlu pengadaan teknologi dan peralatan," tutup pria yang juga sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.


Seperti diketahui, BPPT menggelar KTN yang ketiga dengan tema 'Strategi Implementasi Kebijakan Nasional untuk mendukung Kemandirian Teknologi'. Pada kegiatan tersebut, juga turut hadir Kepala BPPT Unggul Priyanto, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir, dan Kepala BNN Irjen Heru Winarko.
(yas/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed