DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 14:55 WIB

Gerindra Kenang 1998: Prancis Juara, Ada Pergantian Presiden

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Gerindra Kenang 1998: Prancis Juara, Ada Pergantian Presiden Andre Rosiade (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Gerindra merespons kubu pro-Joko Widodo yang bicara Piala Dunia 2018 lalu mengaitkannya dengan Pilpres 2019. Gerindra bicara kemenangan Prancis dan sejarah pergantian Presiden RI.

Pengaitan pilpres dengan Piala Dunia 2018 diawali tweet Fahri Hamzah yang menyebut 'Prancis menang, incumbent menang'. Tweet itu direspons positif oleh pro-Jokowi dan menyebut Jokowi akan berjaya seperti Prancis.

"Kalau mau dihubung-hubungkan, kalau kubu Pak Jokowi menghubungkan Piala Dunia, kami juga bisa menghubungkan Piala Dunia," ujar anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade, Senin (16/7/2018).


Saksikan juga video 'Gerindra-PKS di Tengah Tawar-menawar Politik':

[Gambas:Video 20detik]



Andre mengatakan sebenarnya tak ada korelasi antara Pilpres 2019 dan Piala Dunia 2018. Namun, jika mau dikait-kaitkan, Andre punya catatan sejarah kemenangan Prancis dan pergantian presiden di RI.

Andre mengenang, pada 1998, Prancis menjadi juara dunia. Tak lama setelah itu, terjadi pergantian presiden di Indonesia. Andre mengatakan bisa saja sejarah pergantian presiden di RI terulang dengan kemenangan Prancis di Piala Dunia tahun ini.


"Tweet Bang Fahri Prancis juara dunia, yang perlu diingat 20 tahun yang lalu, Prancis itu juara dunia. Setahun Prancis juara dunia, itu Presiden Habibie berhenti jadi presiden," ujar Andre.

"Itu 20 tahun lalu, bisa saja sejarah berulang. Kalau itu, insyaallah 2019 Pak Jokowi turun dari presiden digantikan Pak Prabowo. Kami optimis itu," sebut Andre.


Andre sebenarnya tak terlalu mau mengaitkan Piala Dunia dengan Pilpres 2019. Dia hanya menanggapi euforia pro-Jokowi yang bicara kemenangan Prancis dan peluang incumbent menang kembali di pilpres.

"Kalau dihubung-hubungkan kemenangan Prancis itu di Piala Dunia 2018 akan berkorelasi dengan Pilpres 2019 ya kita sampaikan, sejarah mencatat 1998 Prancis juara, setahun kemudian Presiden Habibie berhenti dan digantikan Presiden Gus Dur," sebut Andre.

"Kami punya keyakinan juga kalau memang itu, insyaallah 2019 Pak Jokowi digantikan Pak Prabowo. Sejarah selalu berulang kan," ucapnya.

Gerindra Kenang 1998: Prancis Juara, Ada Pergantian Presiden

(gbr/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed