3 Beruang Madu Masuk Perkampungan di Sumsel dan Bikin Resah Warga

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 15 Jul 2018 13:57 WIB
Ilustrasi beruang madu. Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Palembang - Tiga beruang madu masuk ke perkampungan dan membuat warga di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, resah. Masuknya beruang ini diduga terkait alih fungsi hutan menjadi perkebunan.

"Beruang masuk ke kebun dekat dengan perkampungan warga di Ogan Komering Ulu. Ada 3 ekor dan sekarang ini sedang ditangani," kata Kepala BKSDA Sumatera Selatan Genman P Hasibuan, Minggu (15/7/2018).

Dikatakan Genman, beruang madu yang masuk ke perkampungan terdiri dari dua ekor beruang dewasa dan satu ekor anak beruang. Beruang masuk ke perkebunan kopi di Desa Sumber Bahagia Merbau, Lubuk Batang, Sabtu (14/7) sore.



"Dua ekor itu indukan induk jantan dan betina, edangkan satu ekornya adalah anak beruang. Sekarang terus dipantau keberadaannya, dugaan sementara itu karena peralihan hutan ke perkebunan," kata Genman.

Meskipun begitu, kata Genman, konflik antara beruang dan warga baru terjadi kali ini. Oleh sebab itu dia minta warga tenang dan tidak betindak berlebih dan membunuh ketiga beruang tersebut.




"Beruang itu dilindungi, jangan dibunuh. Kalau ada masuk ke perkampunga baik dilaporkan saja sama BKSDA atau polisi terdekat," tegasnya. (nkn/nkn)