DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 18:48 WIB

Tokoh Adat Dapat Bisikan, Benda Purbakala di Tabanan Ditemukan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Tokoh Adat Dapat Bisikan, Benda Purbakala di Tabanan Ditemukan Temuan benda purbakala di Tabanan. (dok. Polres Tabanan)
Tabanan - Sejumlah benda diduga peninggalan purbakala ditemukan di kawasan Tabanan, Bali. Benda itu ditemukan setelah salah seorang tokoh adat mengaku mendapat bisikan.

Benda yang ditemukan itu adalah kotak batu segi empat yang berukuran besar dan tertanam di tanah seorang warga di Banjar Pakuaji, Desa Mundeh Kangin, Selemadeg Barat. Setelah mendapatkan informasi dari warga, babinkamtibmas Desa Mundeh bersama warga kemudian melakukan penggalian.

"Pawisik (bisikan) yang diterima warga itu dilaksanakan dengan alat berat milik tenaga proyek yang kebetulan menggali tanah untuk perbaikan got jalan raya Mundeh Kangin yang tidak jauh dari lokasi ditemukan barang tersebut," kata Kapolres Tabanan AKBP Made Sinar Subawa dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Tokoh Adat Dapat Bisikan, Benda Purbakala di Tabanan DitemukanTemuan benda purbakala di Tabanan. (dok. Polres Tabanan)

Sinar mengatakan, saat dilakukan penggalian sedalam satu meter, ditemukan kotak batu yang diduga benda purbakala tersebut. Kotak batu itu berukuran segi empat dengan panjang 80 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 40 cm dengan tutup dari batu.

"Sesuai pengamatan, batu tersebut bukan batu yang keras seperti batu di sungai, tapi batu paras yang agak lembek. Dari beberapa pengamatan warga, belum berani memastikan kapan batu itu dibuat dan ditanam," ujarnya.
Tokoh Adat Dapat Bisikan, Benda Purbakala di Tabanan DitemukanTemuan benda purbakala di Tabanan. (dok. Polres Tabanan)


Dalam kotak itu rupanya juga ditemukan sejumlah benda, seperti mangkok dan kalung. Tim juga menemukan batu akik yang kini disimpan di Kepala Pustu Mundeh Kangin.

"Isi dalam kotak batu ada beberapa kecil-kecil yang berbentuk mangkok dan benda menyerupai kalung tapi sudah rapuh, sulit dikenali, serta 2 buah sejenis batu permata akik warna hijau dan merah muda, sementara masih disimpan di Rumah Bapak Pasek Subrata, Kepala Pustu Mundeh Kangin," terangnya.

Sinar menerangkan pihaknya belum bisa memastikan temuan tersebut merupakan benda purbakala. "Harus diteliti lagi kan nggak bisa kita langsung dengan mata ambil kesimpulan," pungkasnya.
(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed