DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 09:27 WIB

Ahok Tak Ambil Bebas Bersyarat, Teman Ahok: Beliau Memang Beda

Jabbar Ramdhani - detikNews
Ahok Tak Ambil Bebas Bersyarat, Teman Ahok: Beliau Memang Beda Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Pada Agustus nanti, sebetulnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa mendapatkan pembebasan bersyarat. Namun, Ahok memilih menyelesaikan hukuman 2 tahun penjaranya atau menunggu bebas murni.

Teman Ahok, relawan yang terbentuk jelang Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu mengaku sebetulnya ingin pria asal Belitung itu bebas dari penjara secepatnya. Salah satu inisiator Teman Ahok, Aditya Yogi, mengaku tak tega melihat Ahok ada di dalam rumah tahanan di Mako Brimob.


"Kalau kita sih ingin Ahok secepatnya bisa keluar. Banyak pendukung yang sudah kangen banget dengan Pak Ahok. Kami beberapa kali juga nengok Pak Ahok ke Mako. Kami nggak tega melihat beliau dikurung begitu," ujar Aditya, Kamis (12/7/2018).

Aditya menilai Ahok sebagai sosok yang berbeda. Dia menghargai pilihan Ahok untuk menghabiskan masa hukumannya tersebut.


"Tapi Pak Ahok sepertinya memang beda ya. Saat bisa bebas bersyarat beliau malah memilih menghabiskan masa tahanan agar bisa bebas murni. Tapi ya kita hargai saja. Beliau pasti punya pertimbangan sendiri. Saya sendiri belum tau apa pertimbangan beliau," ungkap Aditya.

Sebelumnya, Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utami sebelumnya mengatakan Ahok diperkirakan bisa mendapat pembebasan bersyarat pada Agustus nanti, sementara Ahok ingin menjalani hukumannya 2 tahun penuh.


"Beliau sebenarnya bisa PB (pembebasan bersyarat) pada bulan Agustus, namun sampai saat ini sepertinya beliau ingin bebas murni," kata Sri Puguh.
(jbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed