DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 14:46 WIB

Wawancara Ekslusif Jokowi

Kisah Sepatu Buccheri dan Sneakers Kegedean Jokowi

Erwin Dariyanto - detikNews
Kisah Sepatu Buccheri dan Sneakers Kegedean Jokowi Presiden Jokowi saat berolahraga bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sabtu 24 Maret 2018. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Jakarta - Sambil menunggu bidikan fotografer dalam sesi foto bersama seusai wawancara eksklusif, detikcom bertanya kepada Presiden Jokowi soal sepatu hitam mengkilap yang dikenakannya. "Masih pakai Buccheri, Pak?"

Dia tak mengiyakan secara langsung ihwal sepatu lokal tersebut. Tapi Jokowi menyatakan memang lebih suka mengenakan produk-produk lokal. "Biasa saja, seringnya saya pakai produk lokal, kok," jawabnya, Rabu (11/7/2018).



Buccheri merupakan sepatu produk lokal yang biasa dijual di kisaran harga Rp 300 ribu. detikcom pertama kali melihat Jokowi mengenakan sepatu merek itu saat musim kampanye pemilihan Gubernur DKI, Agustus 2012. Sebelum menyaksikan film 'Berandal Berandal Ciliwung' di Epicentrum, dia Jumatan di Istiqlal. Saat antre sendiri mengambil sepatu di tempat penitipan, terlihat merek sepatu Jokowi adalah Buccheri

Namun, dalam beberapa kesempatan setelah menjadi presiden, Jokowi tampak menggunakan sneakers dengan brand ternama internasional. Pada Maret lalu, misalnya, dia terlihat dua kali mengenakan sneakers Yeezy besutan rapper asal Amerika, Kanye West. Pertama saat melakukan kunjungan kerja ke Selandia Baru pada 19 Maret 2018.

Sepatu tersebut juga dikenakan Jokowi saat berolahraga bareng Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Istana Bogor, 24 Maret 2018. "Kalau yang bagus-bagus, itu milik anak saya," kata Jokowi.



Sepatu tersebut, aku Jokowi, milik Kaesang Pangarep, putra bungsunya. "(Sepatu) ada di depan kamar, ya, saya pakai," kata dia.

Menurut Jokowi, jika diamati, sebenarnya sneakers yang dia kenakan agak kegedean. Ini lantaran sneakers Kaesang lebih besar dari ukuran sepatu Jokowi, yang 41. Toh, Jokowi tetap pede (percaya diri) pakai sepatu kegedean tersebut.

Saat mengunjungi Jakarta Sneakers Day, 3 Maret 2018, Jokowi juga pernah membeli sneakers buatan lokal. Ketika itu, dia, yang didampingi Gibran, membeli sneakers Saint Barkley buatan Bandung seharga Rp 380 ribu. Karena beli sendiri, tentu sneakers-nya kali ini tak kegedean.


(erd/jat)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed