detikNews
Selasa 10 Juli 2018, 15:39 WIB

34 Masjid Dekat Venue Asian Games Diminta Cari Penampungan Kurban

Ibnu Hariyanto - detikNews
34 Masjid Dekat Venue Asian Games Diminta Cari Penampungan Kurban Lokasi masjid yang berada di radius 1 km dari arena berkuda Asian Games 2018. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan mensosialisasikan kebijakan larangan pemotongan hewan kurban saat Idul Adha di dekat lokasi arena berkuda atau equestrian untuk Asian Games 2018. Ada 34 masjid di sekitar venue Asian Games yang akan terdampak kebijakan itu.

Berdasarkan data yang diperoleh detikcom dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jaktim, 34 masjid itu tersebar di 6 kelurahan, 4 di Jakarta Timur dan 2 di Jakarta Utara. Masjid-masjid itu berada di radius 1 kilometer dari Equestrian Park Pulomas.

"Dilarang menampung dan memotong pada radius 1 kilometer dari equestrian," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jaktim Irma Budiany Selasa (10/7/2018).


Irma menambahkan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi ke masjid-masjid terkait hal tersebut. Nantinya, saat sosialisasi itu, pihaknya akan mengundang tokoh masyarakat, pengurus masjid, hingga sejumlah sekolah.

"Kita akan sosialisasikan hal itu. Yang diundang pengurus atau panitia masjid yang pada radius 1 km dan sekolah-sekolah," ujarnya.

Menurut Irma, panitia kurban di 34 masjid itu diminta mencari tempat penampungan lain. Selanjutnya, terkait tempat penyembelihan masih menunggu instruksi Kepala Dinas KPKP.

"Tempat penampungan mereka diminta cari masing-masing. Tapi kalau tempat pemotongan, saya belum tahu gimana kebijakan Kadis," imbuhnya.


Sebelumnya, Pemprov DKI berencana mensterilkan lokasi sekitar arena berkuda untuk Asian Games 2018 dari pemotongan hewan kurban saat Idul Adha. Sebab, kesehatan kuda dapat berpengaruh jika melihat darah.

"Kita akan sterilisasi. Radiusnya kemarin ini awalnya dipasang 1 km. Tapi kelihatannya ditambah radiusnya untuk memastikan tidak ada hewan lain dan tidak ada aktivitas pemotongan di sekitar wilayah equestrian," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di kantor perwakilan Bank Indonesia DKI, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (27/3/2018).

Berikut data masjid yang berada di radius 1 kilometer dari lokasi berkuda atau Equistrian Pulomas


Kelurahan Kayu Putih


Masjid Jami Al Mi'raij
Masjid Ibnu Sina
Masjid Jami Al Ilyas
Masjid Nurul Huda
Masjid Al Muttaqien
Masjid Jami Baabut Taubah
Masjid Almujaddid
Masjid Jami Al Falah
Masjid Jami Al Iklash
Masjid Al Muklis
Masjid Jami Al Amien
Masjid Nurul Huda
Masjid Jami Al Barkah
Masjid Islamic Center Almadani
Masjid Baitul Hadi
Masjid Nurul Huda
Masjid Al Maghfiroh
Masjid Hidayatul Khoir

Kelurahan Rawamangun


Masjid Ulul Albab
Masjid Al Hilal
Masjid Al Falah
Masjid Al Abror
Kelurahan Pulogadung
Masjid Al Ghoni
Masjid Jami Hidayatullah
Masjid Al Mujahidin
Masjid Khairul Ummah

Kelurahan Jati

Masjid Al Hurriyah
Masjid Nur Ramadhan
Masjid Raya Pulo Asem
Masjid Shidoqul Iman


Jakarta Utara

Kelapa Gading Barat

Masjid Arrahman
Kelapa Gading Timur
Masjid Al Istiqomah
Masjid Sumarah At Taqwa
(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com