12 Ribu Pendatang Baru di Jakbar Sasar ART dan Hiburan Malam

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 14:42 WIB
Pemudik arus balik di Stasiun Pasar Senen (Azizah/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 12.318 pendatang diperkirakan ada di Jakarta Barat. Mereka menyasar pekerjaan asisten rumah tangga (ART) sampai pekerjaan di tempat hiburan malam.

"Informasi sementara, pendatang yang masuk sebanyak 12.318. Mereka datang saat arus balik sampai sekarang," kata Plt Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Edi Supriadi saat dihubungi, Selasa (10/7/2018).


Edi menjelaskan rata-rata mereka baru akan mencari kerja di Jakarta. Banyaknya tempat hiburan malam jadi salah satu target mereka mencari pekerjaan.

"Selain asisten rumah tangga, di Jakarta Barat kan banyak tempat hiburan malam. Mereka juga banyak yang ingin jadi pegawai di sana," kata Edi.

Menurut Edi, banyak pendatang menempati kos di Tanjung Duren dan Cengkareng. Untuk itu, dia akan melakukan operasi Bina Kependudukan (Biduk) di lokasi tersebut.

"Dua wilayah itu (Tanjung Duren dan Cengkareng) paling banyak didatangi oleh para pendatang. Oleh karena itu, operasi Bina Kependudukan (Biduk) akan digelar besok, Rabu (11/7)," kata Edi.


Dari data rekapitulasi hasil pendataan pendatang pasca-Lebaran 1439 H/2018, pendatang baru di Jakarta sebanyak 69.478 orang. Paling banyak datang ke Jakarta Utara.

"Paling banyak di Jakarta Utara dengan 17.811 orang atau 25,63 persen. Di sana kan banyak pabrik, ada pelabuhan. Jakarta Barat posisi keempat, setelah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur," ucap Edi. (aik/idh)