Arinal-Nunik Siap Promosikan Budaya Lampung ke Australia

Moch Prima Fauzi - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 13:54 WIB
Prof. Margaret Kartomi dari Monash University, Melbourne, Australia (paling kiri) bersama Riana Sari Arinal, Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur, Chusnunia di Bandar Lampung, Selasa (10/7)/Foto: Istimewa
Jakarta - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih, Arinal-Nunik, siap untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Lampung ke mancanegara. Mereka mengungkap sedang mempersiapkan Konferensi Budaya Lampung di Melbourne, Australia, pada September 2020.

"Sekarang kesempatan buat kita orang Lampung untuk lebih giat lagi mempromosikan daerah kita. Pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia. Kita harus secepatnya menyambut," ucap Arinal dalam keterangan tertulis, Selasa (10/7/2018).

Hal itu diungkap Arinal saat menerima kunjungan rombongan Prof. Margaret Kartomi dari Monash University, Melbourne, Australia di rumah kediamannya. Pertemuan membahas soal persiapan Konferensi Budaya Lampung di Melbourne.


Arinal mengungkap, kekayaan alam dan budaya Lampung segera membutuhkan pelestarian. Rakyat dan pemerintah Lampung yang baru sedang mempersiapkan diri untuk melestarikan dan mengembangkan kekayaan alam dan budaya Lampung agar tidak musnah.

"Untuk itu, dibutuhkan kerja nyata, bukan sekedar seremonial. Kita tidak boleh menunggu diperintah, tapi harus segera bekerja, karena itu adalah kepentingan rakyat Lampung," tegasnya.

Arinal juga meminta agar Margaret Kartomi yang merupakan merupakan ahli kebudayaan Indonesia dan Asia Tenggara untuk membantu mempromosikan kebudayaan Lampung di kancah internasional.

Sementara di sisi lain, Margaret pun mengatakan bahwa budaya Lampung harus dikenal oleh masyarakat internasional. Untuk itu dia berharap agar Provinsi Lampung lebih gencar mempromoiskan budayanya.

"Masyarakat internasional perlu kenal rakyat Lampung lebih banyak dan lebih dekat lagi. Perlu banyak bikin even-even budaya di Lampung dan di dunia internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur, Chusnunia (Nunik) menyampaikan dalam waktu dekat ini, Lampung akan menggelar banyak festival budaya khususnya di Lampung Timur.

"Kami akan sangat senang sekali menerima tamu yang mau menyaksikan berbagai festival tersebut. Agar dunia tahu, ini loh orang Lampung yang ramah dan terbuka dengan siapa saja yang mau bekerja sama membangun Lampung," kata Nunik.

Upaya itu pun mendapatkan apresiasi dari Margaret. Ia mengatakan bahwa festival yang digelar di Lampung mampu menarik perhatian dunia internasional.

"Masyarakat internasional sangat tertarik dengan berbagai festival yang diselenggarakan bupati Lampung Timur seperti Festival Way Kambas, Festival Melinting, Fastival Panen Padi dan Festival Musik yang diselenggarakan ibu bupati," jelasnya.


Hadir pula dalam kesempatan itu istri Arinal Djunaidi, Riana Sari Arinal. Riana berharap Lampung dapat memperkenalkan berbagai perhiasan, jukung dan baju adat Lampung pada Margaret Kartomi.

"Kami berharap dalam Konferensi Budaya Lampung di Melbourne nanti juga ada fashion show dan pameran berbagai perhiasan asal Lampung yang bisa diperkenalkan pada masyarakat Australia," ujarnya.

Dia melanjutkan menyampaikan bahwa pihaknya sedang mengembankan moderenisasi desain perhiasan dan kain batik bermotif Lampung.

"Nanti kain Lampung motifnya bisa jukung, lada atau kopi dengan pendekatan yang lebih modern, sehingga bisa menasional seperti kain batik dari tempat lain," ungkap Riana. (ega/ega)