detikNews
Minggu 08 Juli 2018, 06:58 WIB

Aksi Kadisparbud yang Dicopot Anies: Tutup Alexis-Sense Karaoke

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Aksi Kadisparbud yang Dicopot Anies: Tutup Alexis-Sense Karaoke Foto: Kadisparbud DKI Tinia Budiati (Vino-detikcom)
Jakarta - Tinia Budiati dicopot dari jabatannya sebagai Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta oleh Anies Baswedan. Tinia menjabat selama satu tahun di poisi itu. Lalu apa saja yang dilakukannya selama menjabat?

Tinia dilantik pada 13 Juni 2017 lalu. Saat itu Jakarta masih dipimpin Djarot Saiful Hidayat. Pergantian tampuk kepemimpinan ibu kota ke tangan Gubernur baru Anies Baswedan pada akhir 2017 tak menggoyahkan posisinya. Tinia bertahan sebagai Kadisparbud DKI Jakarta.

Nama Tinia mulai muncul saat Pemprov DKI sedang galak-galaknya menertibkan tempat hiburan malam. Tinia memerintahkan anak buahnya melakukan investigasi di tempat karaoke 4play milik Alexis yang disebut melakukan praktik prostitusi pada awal 2018.



"Mereka (pihak karaoke 4Play) masih menyanggah. Kita juga harus melakukan investigasi untuk melihat kondisi," kata Tinia di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2).

Penutupan mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Dalam Pasal 54 ayat (1) menyatakan bahwa penjualan dan pemakaian narkotika atau zat psikotropika di lokasi usaha pariwisata maka pencabutan TDUP secara langsung dilakukan tanpa tahapan sanksi dan teguran tertulis pertama, kedua atau ketiga.

"Jadi, langsung bisa (ditutup) saja, sudah tidak ada katanya, disinyalir, itu sudah terbukti," terang Tinia.

"Mereka sudah tutup sendiri. Sekarang nggak ada yang berani main-main lagi," kata Tinia saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (26/4).

Griya Pijat G2 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan juga tutup setelah pihak manajemen dipanggil Disparbud DKI Jakarta. Tempat itu diketahui menyediakan praktik prostitusi. Tinia mengungkapkan pihaknya telah memanggil manajemen G2. Meski surat rekomendasi penutupan belum diterbitkan, manajemen G2 memilih menutup sendiri tempat usahanya.

"Mereka sudah tutup sendiri. Sekarang nggak ada yang berani main-main lagi," kata Tinia saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (26/4).

Di akhir jabatannya, Tinia mengadakan kembali event tahunan Jakarnaval. Pertunjukan itu sempat dihentikan 2 tahun lalu oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu menjadi gubernur.

"Setelah 2 tahun nggak ada, karnaval akan diadakan lagi dengan lebih meriah," kata Tinia di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Namun Tinia kini dicopot dari jabatannya oleh Anies. Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan pencopotan Tinia merupakan bagian dari penyegaran jabatan di Pemprov DKI.

"Iya (dicopot). Bu Kadis Pariwisata memasuki masa purnatugas. Kebetulan juga usianya sudah memasuki masa pensiun," kata Sandiaga di GOR PKP, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7).
(abw/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed