Catat! Ini Rekayasa Lalin Saat Jakarnaval di Monas

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Minggu, 08 Jul 2018 05:24 WIB
Suasana Jakarnaval yang digelar pada 2014 (Foto: Rengga Sancaya)
Suasana Jakarnaval yang digelar pada 2014 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarnaval hari ini. Pada pagi hari, Jakarnaval akan dipusatkan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun menyiapkan rekaya lalu lintas selama acara itu berlangsung.

"Pukul 06.00-11.00 WIB ketika pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor, lalu lintas dari selatan ke arah barat, yang semula belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan-putar balik ke Jalan Budi Kemuliaan, dialihkan belok kanan di bundaran air mancur Indosat," kata SWakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Wijatmoko, Jumat (6/7/2018).



Sementara itu, pukul 15.00-18.00 WIB, ketika parade Jakarnaval berlangsung, akan dilakukan penutupan ruas jalan dari arah Blok M menuju Harmoni. Kemudian dari arah Senen dialihkan belok kiri ke Jalan Kebon Sirih.

"Dialihkan juga ke Jalan Fahrudin dan Abdul Muis. Lalu lintas dari arah Kota menuju Blok M dialihkan ke Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Banteng-Jalan Penjambon dan Jalan Medan Merdeka Timur. Kendaraan dari arah Senen dialihkan melalui Jalan Suryo Pranoto, Jalan Juanda, atau melalui Jalan Kebon Sirih," lanjut Sigit.

Seperti diketahui, acara ini sempat terhenti selama 2 tahun. Dana yang dikucurkan untuk Jakarnaval mencapai Rp 3,7 miliar.



"Sekarang Rp 3,7 miliar, tetapi bisa buka file yang diselenggarakan 2015 dengan sekarang. Saya optimis karena yang terdaftar 4 ribu. Saya terus terus terang saja ini untuk mengobati kerinduan masyarakat," kata Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiati, beberapa waktu lalu.

Berbagai pertunjukkan akan ditampilkan dalam acara itu. Salah satu yang disiapkan yaitu penampilan maskot Asian Games 2018 yang juga akan itu dalam parade tersebut.

"Akan ada pertunjukan Asian Games tampil, maskot Asian Games berseliweran. Tentu kerja sama dengan dinas olah raga, inasgoc," jelasnya. (abw/dkp)