DetikNews
Kamis 05 Juli 2018, 13:51 WIB

Belum Ditahan, Bupati Bener Meriah Masih Diperiksa KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Belum Ditahan, Bupati Bener Meriah Masih Diperiksa KPK Bupati Bener Meriah Ahmadi ketika tiba di KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK masih belum melakukan penahanan terhadap Bupati Bener Meriah Ahmadi. Hingga kini, Ahmadi masih diperiksa intensif.

"Pemeriksaan terhadap dua orang yang dibawa dari Aceh dilanjutkan di kantor KPK. Saat ini Bupati Bener Meriah dan satu pihak swasta masih dalam proses pemeriksaan," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (5/7/2018).

Ahmadi telah ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap Rp 500 juta ke Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Sementara Irwandi telah ditahan dini hari tadi, KPK belum mengungkap nasib Irwandi setelah pemeriksaan nanti.


"Terkait dengan ada atau tidak penahanan baru dapat kami informasikan kemudian. Prinsip dasarnya, jika telah memenuhi ketentuan di Pasal 21 KUHAP maka dapat dilakukan," tutur Febri.

Suap Rp 500 juta kepada Irwandi Yusuf diduga bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar ke Irwandi demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi dana otonomi khusus atau otsus.

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Ahmadi dan Irwandi, ada dua orang swasta lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed