detikNews
Kamis 05 Juli 2018, 12:50 WIB

Gubernur Aceh Tersangka Suap, Rumah Pribadinya Sepi

Agus Setyadi - detikNews
Gubernur Aceh Tersangka Suap, Rumah Pribadinya Sepi Rumah pribadi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf/Foto: Agus Setyadi-detikcom
Banda Aceh - Rumah pribadi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Jl Salam, Lampriet, Banda Aceh, terlihat sepi. Pintu pagar tertutup rapat.

Pantauan detikcom, Kamis (5/7/2018), tidak ada aktivitas di depan rumah bercat putih milik Irwandi. Di pinggir jalan di depan rumah, terlihat terparkir satu unit mobil dan motor.

Keberadaan rumah Irwandi ini tidak mencolok dengan rumah-rumah lain. Jalanan di depan rumah Irwandi juga terlihat sepi. Sementara di belakang rumah, pintu gerbang juga terlihat tertutup rapat. Dari luar, tidak dapat dilihat aktivitas di dalam.

Selama menjabat sebagai gubernur, Irwandi memilih tinggal di rumah pribadi, bukan di Pendopo Gubernur. Hal ini juga dilakukannya saat menjabat gubernur Aceh periode 2007-2012.



Rumah pribadi Gubernur Aceh Irwandi YusufRumah pribadi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Foto: Agus Setyadi-detikcom


Pada Selasa (3/7) malam saat Irwandi terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK, rumah tersebut ramai dikunjungi orang baik dari relawan maupun lainnya. Mereka berkumpul di sana hingga dini hari.

Gubernur Aceh Irwandi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait setoran Bupati Bener Meriah sebagai ijon proyek yang dibiayai Dana Otonomi Khusus (Otsus). Duit suap Rp 500 juta diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018.




"Uang yang disetor ke beberapa rekening tersebut diduga digunakan untuk pembayaran medali dan pakaian kegiatan Aceh Marathon 2018," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam jumpa pers, Rabu (4/7).

Duit suap Rp 500 juta disetorkan Bupati Bener Meriah Ahmadi, yang juga ditetapkan sebagai tersangka. Duit ini disetor lewat orang-orang kepercayaan Irwandi.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com