Tb Hasanuddin Penuhi Panggilan KPK Jadi Saksi Kasus Bakamla

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kamis, 05 Jul 2018 10:03 WIB
Foto: Politikus PDIP Tb Hasanuddin di gedung KPK. (Nur Indah-detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Tb Hasanuddin memenuhi panggilan KPK. Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus Bakamla.

Hasanuddin tiba di KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018) pukul 09.16 WIB. Seorang diri, lelaki berkemeja batik coklat ini kemudian menuju resepsionis tanpa melontarkan satu kalimat pun terkait kedatangannya.


Dia lalu mendapat kartu identitas dengan tali merah yang biasa digunakan KPK untuk tamu terkait pemeriksaan. Hasanuddin kemudian duduk di kursi ruang tunggu, dan naik ke ruang pemeriksaan di lantai 2 pukul 09.40 WIB.

Kabiro Kabiro Humas Febri Diansyah memberi konfirmasi pemeriksaan Tb Hasanuddin terkait kasus Bakamla yang menjerat Anggota Komisi III DPR Fayakhun Andriadi.

"Tb Hasanuddin diminta keterangannya sebagai saksi dalam kasus Bakamla dengan tersangka FA (Fayakhun Andriadi)," ujar Febri.

Fayakhun dan TB Hasanuddin pernah bertugas di Komisi I dan terkait dengan penganggaran proyek di Bakamla. Bahkan Hasanuddin pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I dalam periode sebelumnya, 2009-2014.


Dalam perkara ini, Fayakhun diduga menerima fee 1 persen dari total anggaran Bakamla senilai Rp 1,2 triliun atau senilai Rp 12 miliar. Selain itu, dia diduga menerima USD 300 ribu. KPK menduga pemberian suap terkait kewenangan Fayakhun sebagai anggota DPR dalam proses pembahasan dan pengesahan RKA-K/L dalam APBN-P tahun anggaran 2016 yang akan diberikan kepada Bakamla. (nif/idh)