detikNews
Rabu 04 Juli 2018, 18:40 WIB

Puluhan Preman Terjaring Razia di Kramat Jati

Ibnu Hariyanto - detikNews
Puluhan Preman Terjaring Razia di Kramat Jati Foto: Para preman yang diringkus Tim Polres Jaktim (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Timur menggelar razia preman untuk menekan angka kriminalitas di Kramat Jati, Jakarta Timur. Hasilnya ada 31 preman yang diringkus tim Polres Jakarta Timur.

Razia dilakukan oleh Tim Rajawali Polres Metro Jakarta Timur dan Polsek Kramat Jati, Rabu (4/7/2018). Titik sasaran operasi preman kali ini berada di sepanjang Jalan Raya Bogor dan sekitar Pusat Grosir Cililitan.


Kurang lebih 31 preman terjaring dalam razia tersebut. 10 preman ditangkap oleh Tim Rajawali Polres Jaktim, sedangkan 21 preman oleh Polsek Kramat Jati.

Para preman tersebut selanjutnya dibawa ke Polres Jaktim dan Polsek Kramat Jati untuk dilakukan pendataan. Untuk yang terbukti melakukan tindakan pidana akan dilakukan proses hukum lebih lanjut.
Puluhan Preman Terjaring Razia di Kramat JatiFoto: Para preman yang diringkus Tim Polres Jaktim (Ibnu/detikcom)


Kapolsek Kramat Jati Kompol Nurdin AR mengatakan operasi preman ini dilakukan siang dalam malam hari. Hali itu sesuai arahan pimpinan dalam rangka menekan angka kriminalitas.

"Sesuai perintah pimpinan kita lakukan giat cipta kondisi, operasi preman, premanisme curat dah curas. Kita akan lakukan operasi ini terus menerus," kata Kompol Nurdin AR di lokasi.

Nurdin mengatakan banyak masyarakat yang resah terhadap keberadaan preman-preman itu. Khususnya adanya parkir liar di PGC yang kadang memaksa pengunjung.

"Kita cek ini yang parkir liar, semisalnya parkir liar ini mintanya Rp 5.000 karena ada orang nggak punya Rp 5.000 cuma Rp 2.000, apakah mereka melakukan tindak mencoret mobil orang atau memarahi orang nah ini yang kita cek," ujar Nurdin.


Selain itu, menurut Nurdin parkir di sekitar PGC itu banyak yang menyalahi aturan. Sebab mereka menggunakan trotoar sebagai lahan parkir.

"Kita juga amankan karcis parkir. Ini dikeluarkan oleh siapa dan ke mana uangnya, karena ini mengunakan trotoar. Kita akan dalami," ucapnya.

Selanjutnya, para preman yang terjaring razia dilakukan pendataan di Polsek Kramat Jati. Dalam razia itu tidak ditemukan senjata tajam.
(ibh/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed