Ridwan Kamil: Isu Ganti Presiden Rada Kencang di Jawa Barat

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 04 Jul 2018 17:11 WIB
Ridwan Kamil (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merasakan isu #2019GantiPresiden berembus cukup santer. Isu itu juga mempengaruhi dinamika Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

"Ya itu salah satunya, kalau kita sih lebih kepada isu ganti presiden itu rada kencang di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil di DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (4/7/2018).


Bahkan gara-gara gerakan yang berorientasi ke Pilpres 2019 itu, Ridwan Kamil kena dampaknya. Namun dia menilai dampak #2019GantiPresiden ke dia tak sekencang ke pasangan calon nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Tidak seharusnya isu tersebut dipakai di pilkada.

"Iya karena kan isu itu membuat pemilih Jawa Barat menghubung-hubungkanlah antara pilkada dan pilpres. Kalaupun menurut kita tidak seharusnya, tapi juga namanya strategi orang," kata Ridwan Kamil.


Sebagaimana diketahui, aksi pamer kaus '2019 Ganti Presiden' dilakukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Sudrajat-Ahmad Syaikhu dalam debat Pilgub Jawa Barat, 14 Mei 2018. (dnu/van)