DetikNews
Rabu 04 Juli 2018, 12:43 WIB

Halalbihalal Muhammadiyah, Zulkifli Ungkit Yahya Staquf ke Israel

Indra Komara - detikNews
Halalbihalal Muhammadiyah, Zulkifli Ungkit Yahya Staquf ke Israel Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan bicara soal peran Indonesia menjaga ketertiban dunia dalam sambutannya di acara Halalbihalal Muhammadiyah. Zulkifli juga menyinggung soal kehadiran Wantimpres Yahya Cholil Staquf di panggung forum Israel yang jadi kontroversi.

Awalnya Zulkifli bicara soal munculnya ormas-ormas Islam di Indonesia. Lalu dia juga bicara soal tingginya nilai dolar dan kemiskinan. Zul juga sempat mengungkit soal kapal-kapal yang tenggelam di perairan Indonesia. Ada kritik yang terlontar.


Lalu dia mengungkit kesepakatan Indonesia untuk menjaga ketertiban dunia. Setelahnya Zulkifli mengungkit kepergian Yahya Cholil Staquf. Namun, alih-alih menyebut Yahya Cholil ke Israel, Zulkifli menyebut Yahya ke Palestina.

"Nah kemarin ada Wantimpres pergi ke Palestine, padahal kita jelas tidak punya hubungan diplomatik. Saya tegas mengatakan hal-hal itulah yang mengganggu kesepakatan kita," ujar Zulkifli di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/7/2018).


Zul lalu bicara soal Islam dan nasionalisme. Dia mengajak agar dua hal tersebut tak lagi dipertentangkan.

"Islam dan kebangsaan sudah dirumuskan sedemikan rupa. Kalau ini terus kita pertahankan dan tidak kita pertentangkan, kita sudah punya fondasi yang kokoh, kalau arah kita apa yang sudah digariskan itu, itulah yang terjadi hari-hari ini. Oleh karena itu mari kita luruskan kembali arah Indonesia," ujar Zul.
(idn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed