Perburuan Buaya Kali Grogol Disetop Sementara

Peti - detikNews
Jumat, 29 Jun 2018 17:49 WIB
Foto: Perburuan buaya di Kali Grogol dihentikan sementara. (Peti-detikcom)
Foto: Perburuan buaya di Kali Grogol dihentikan sementara. (Peti-detikcom)
Jakarta - Perburuan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat, diberhentikan sementara. Namun begitu, petugas tetap memantau 24 jam dari darat.

Pantauan detikcom, tim mulai naik ke darat pukul 15.30 WIB, Jumat (29/6/2018). Perahu-perahu juga diangkat.

"Iya, untuk sementara ini mau diangkat dulu tapi masih ada tim kami yang terus berjaga, kalau ada kemunculan, kami ada di sini untuk penindakan langsung," kata tim dari BKSDA Jakarta Bagian Perawatan Reptil dan Buaya, Nasum Usuf di lokasi, Jalan Latumenten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.


Selain itu, rencananya tim juga akan menyisir lokasi itu pukul 20.00 WIB atau 21.00 WIB nanti. Sementara untuk besok, pencarian dimulai pukul 08.00 WIB.

"Besok mau mulai pukul 08.00 ya bersama gabungan dengan teman-teman damkar dan tim kami juga," ujarnya.

Upaya terakhir hari ini yang dilakukan dengan memasang jaring 20 meter hingga menyisir area itu. Umpan ayam juga tidak disantap oleh buaya.

"Hari ini ada kemunculan satu ekor berukuran 2 meter lebih lah, pas kita handling lolos dari jaring. Kita sudah berupaya sampai saat ini terus kita pantau sampai detik ini," ujarnya.


Banyaknya warga yang berkerumun juga masih menjadi kendala. Karena itu, buaya tidak mudah untuk muncul kembali.

"Kami dari Tim BKSDA yang di lapangan khusus satwa tersebut ini, kebetulan kami sudah berusaha semaksimal mungkin, kendalanya di sini itu masyarakat yang datang berbondong-bondong menonton mengakibatkan si satwa tersebut tidak mudah muncul kembali," ujarnya.

(idh/tor)