Buaya di Kali Grogol Masih Dicari, Jangan Mendekat Jika Bertemu!

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 29 Jun 2018 08:57 WIB
Buaya di Kali Grogol (Foto: Dok. Twitter TMCPoldaMetroJaya)
Jakarta - Buaya muara di Kali Grogol menjadi viral usai ditemukan warga. Sebenarnya saat bertemu dengan buaya apa yang seharusnya dilakukan?

Peneliti Herpetologi LIPI Helen Kurniati mengatakan jika manusia menemukan buaya maka langkah tepat yang dilakukan menjauh. Jangan bertindak sendiri seperti ingin menangkap.

"Kalau nangkap sendiri saya nggak menyarankan ya karena orang awam nggak ngerti karena dia nggak ada alatnya dan nggak ada tali, jalan satu satunya mesti melapor. Jangan mendekat kalau belum pernah berpengalaman dengan buaya, takut terjadi sesuatu dan mencelakakan orang itu," ujar Helen, ketika dihubungi, Jumat (29/6/2018).


Ia mengimbau pada masyarakat yang menemukan buaya untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwenang. Menurutnya cara menangkap buaya yang tepat dengan menggunakan peralatan yang lengkap, dimulai dari perahu dengan motor bersuara pelan, jaring, tali, dan dayung.

Selain itu jangan ada kerumunan manusia di lokasi karena buaya tidak akan mau keluar. Menurutnya buaya tidak mau makan walaupun diberi umpan jika dalam keadaan stres.

Video saat Buaya Muncul di Kali Grogol

[Gambas:Video 20detik]



"Tapi banyak orang yang mengerubungi ya buaya nggak mau datang, akan sulit," ujarnya.

Ia menyarankan pencarian buaya lebih baik dilakukan malam hari karena lebih mudah. Selain itu perahu yang digunakan jangan membuat suara keras supaya buaya mau naik ke atas.

"Bagusnya menyusuri sungainya nggak siang hari tapi malam hari. Karena kita pakai senter dan juga nggak banyak orang, biasanya buaya itu kalau di malam hari matanya kena senter ada pantulan merah matanya," ucapnya.
Buaya di Kali Grogol Masih Dicari, Jangan Mendekat Jika Bertemu!
(yld/bag)