DetikNews
Rabu 27 Juni 2018, 20:30 WIB

NasDem Sebut Pilgub Sumsel Paling Berkesan, Ini Alasannya

Arief Ikhsanudin - detikNews
NasDem Sebut Pilgub Sumsel Paling Berkesan, Ini Alasannya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menyebut kemenangan versi quick count di Pilgub Sumatera Selatan sebagai yang paling berkesan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Jakarta - Partai NasDem mengklaim dukungannya pada 11 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam gelaran pilkada serentak 2018 berujung pada kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count. Namun, ada 1 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang dianggap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh paling berkesan, yang mana?

"Sumatera Selatan (paling berkesan), kader NasDem menang. Kita tahu kompetisi berat. Kalian tahu, itu wilayah kekuatan partai politik yang saya juga ada 43 tahun, itu basis Golkar," kata Paloh di kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018).


Dari hasil quick count sejumlah lembaga survei, pasangan calon Herman Deru-Mawardi Yahya mengungguli 3 pasangan calon lainnya di Sumatera Selatan (Sumsel). Herman-Mawardi diusung Partai NasDem, PAN, dan Hanura, sedangkan menguntit ketat di belakangnya pasangan calon yang didukung PDIP, Partai Golkar, dan PKB yaitu Dodi Reza Alex-M Giri Ramanda Nazaputra.

Apabila nanti dalam penghitungan resmi KPU, Herman-Mawardi ditetapkan sebagai pemenang, Paloh meminta keduanya membangun Sumsel lebih baik. "Kalau sekarang Sumatera Selatan sudah maju di bawah kepemimpinan saat ini. Saya percaya Herman harus lebih baik lagi," ucap Paloh.


Pasangan Herman-Mawardi setidaknya unggul dalam 3 hasil quick count lembaga survei yaitu LSI, Charta Politika, dan Indikator. Berikut datanya:

LSI
Data masuk hingga pukul 20.24 WIB yaitu 98,57% (Herman-Mawardi dinilai menang, melihat persentase pasangan lain dengan data masuk yang tidak mungkin menyusul keunggulan keduanya)

Herman Deru - Mawardi Yahya 35,33%
Aswari Rivai - M Irwansyah 11,69%
Ishak Mekki - Yudha Pratomo Mahyudin 21,03%
Dodi Reza Alex - M Giri Ramanda Nazaputra 31,94%

Charta Politika
Data masuk sudah 100 persen

Herman Deru - Mawardi Yahya 35,19%
Aswari Rivai - M Irwansyah 12,74%
Ishak Mekki - Yudha Pratomo Mahyudin 20,73%
Dodi Reza Alex - M Giri Ramanda Nazaputra 31,33%

Indikator
Data masuk sudah 100 persen

Herman Deru - Mawardi Yahya 34,95%
Aswari Rivai - M Irwansyah 11,85%
Ishak Mekki - Yudha Pratomo Mahyudin 21,25%
Dodi Reza Alex - Giri Ramanda Nazaputra 31,95%
(dhn/imk)
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed