DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 22:33 WIB

Dirjen PUPR Dijambret, Anies akan Tingkatkan Pengawasan

Mochamad Zhacky - detikNews
Dirjen PUPR Dijambret, Anies akan Tingkatkan Pengawasan Foto: Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarief Burhanudin dijambret saat berolahraga di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, kemarin. Menanggapi insiden tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan berjanji akan meningkatkan pengamanan di tempat-tempat wisata di Ibu Kota.

"Yang sangat penting adalah, bagi kita di pemprov, untuk memastikan di tempat-tempat hiburan, tempat wisata, tempat berkumpulnya warga itu kita akan pastikan ada pemantauan yang lebih baik sehingga orang yang dicurigai atau orang-orang yang kelihatan mencurigakan itu harus ada pemantauan. Dan nanti biar kerja sama, sama kepolisian," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).


Anies menuturkan untuk penanganan kasus Syarief, Pemprov DKI menyerahkannya ke pihak kepolisian. Sebab, insiden tersebut sudah masuk ke ranah hukum.

"Karena peristiwa itu adalah peristiwa pidana yang melibatkan aparat, pemberesannya melibatkan aparat penegak hukum. Beda dengan pelanggaran ketertiban perda, ini adalah pelanggaran aturan hukum pidana," terang Anies.


Namun, Anies berpesan kepada warga Jakarta untuk selalu waspada. Karena insiden yang menimpa Syarief bisa dialami siapa saja dan di mana saja.

"Kejadian pencurian, kemudian pencolengan, penjambretan, itu bisa terjadi di mana saja. Karena itu kita semua harus, nomor satu, kita sendiri meningkatkan kewaspadaan, jangan sampai kitanya lengah," ucap Anies.


Peristiwa kecelakaan yang menimpa Syarief terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Lokasi penjambretan disebutkan terjadi di sekitar Museum Fatahilah, Kota Tua. Sempat terjadi tarik-menarik tas antara korban dengan pelaku. Korban akhirnya terjatuh dari atas sepeda.

Syarief sore tadi menjalani operasi tulang bahu di RS Medistra. Syarief menderita patah tulang karena terjatuh dari sepeda saat mempertahankan tasnya.
(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed