DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 17:07 WIB

Air Dingin dan Ganggang Hambat Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Mardi Rahmat - detikNews
Air Dingin dan Ganggang Hambat Pencarian Korban KM Sinar Bangun Foto: Ketua Komite Nasional Keselamatan Kerja (KNKT) Soerjanto Tjahjono (Mardi-detik)
Simalungun - Petugas gabungan masih melakukan pencarian korban kapal tenggelam di Danau Toba. Petugas mengalami kesulitan untuk pencarian korban karena kondisi air yang dingin dan kedalaman air mencapai ratusan meter.

"Di tempat kejadian 500-800 meter, penyelam hanya mampu sampai 30 meter," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Kerja (KNKT) Soerjanto Tjahjono, di Dermaga Parapat, Simalungun, Sumut, Minggu (24/6/2018).



Selain itu, kesulitan melakukan pencarian korban juga dikarenakan kondisi air yang dingin. Menurutnya, kondisi dingin sulit mengangkat tubuh penumpang yang tenggelam ke dasar danau.

"Dari teman-teman ahli forensik air di Danau Toba ini sangat dingin, jadi badan kita seperti lemari es sehingga proses pembusukannya itu lambat orang bisa ngapung karena gas-gas yang terbentuk waktu pembusukan itu, itulah yang membuat berat badan kita lebih ringan daripada air sehingga mengapung, tapi karena di bawah itu dingin proses pembusukannya itu lambat," ucap Soerjanto.



Selain itu, dia menduga korban terperangkap terbelit oleh ganggang yang tumbuh di dasar danau. Menurutnya ganggang juga membuat korban susah untuk mengapung ke permukaan.

"Jadi di bawah itu juga banyak ganggang sehingga sampai di bawah terlilit ganggang itu juga yang membikin kenapa jasad sulit untuk ditemukan," ungkapnya.

KM Sinar Bangun tenggelam, Senin (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB. Data sementara, 3 orang tewas dan 18 orang selamat. Untuk korban hilang belum ada data pasti namun diduga 182 orang masih hilang. 3 korban tewas adalah Tri Suci Hadayani (24), Fahriyanti, dan Indah Juwita (20).



Tonton juga video 'Kemenhub Bagikan 5.000 Life Jacket ke Operator Kapal Danau Toba':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed