DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 15:00 WIB

Survei LSI Denny JA: Sutarmidji-Norsan Unggul di Pilgub Kalbar

Elza Astari Retaduari - detikNews
Survei LSI Denny JA: Sutarmidji-Norsan Unggul di Pilgub Kalbar Foto: Wasekjen PKB Daniel Johan dan Sutarmidji. (Dok Istimewa).
Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei elektabilitas para kandidat di Pilgub Kalimantan Barat (Kalbar) 2018. Jelang pemilihan, Sutarmidji-Ria Norsan unggul dari dua pasangan yang lain.

Dari keterangan tertulis LSI Denny JA, Sabtu (23/6/2018), diketahui Sutarmidji-Norsan memperoleh elektabilitas sebesar 48,5%. Sementara dua pasangan di Pilgub Kalbar lainnya, Margret Natasa-Suryadman Gidot mendapat 30%, dan Milton Crosby-Boyman Harun memperoleh 7,2%. Responden yang belum menentukan ada 14,3%.

Perolehan tersebut berdasarkan pertanyaan tertutup. Survei dilakukan pada 8-14 Juni 2018 dengan 600 responden yang dipilih berdasarkan multi stage random sampling. Margin of error (MoE) survei ini adalah plus minus 4 persen.


Survei ini juga mengukur tingkat akseptabilitas para cagub. Berikut hasil tingkat cagub yang disukai responden:

1. Sutarmidji 78,80%
2. Karolin Margret Natasa 69,70%
3. Milton Crosby 67%

Pasangan Sutarmidji-Norsan dan Karolin-Gidot bersaing ketat merebut suara dari segmen pemilih pemula. Keduanya mendapat angka sebesar 34,40% pada segmen tersebut. Namun untuk usia keseluruhan, pasangan Surardji-Norsan masih memimpin.

Survei LSI Denny JA juga mengukur keunggulan pasangan Sutarmidji-Norsan dan Karolin-Gidot dari tingkat teritori. Hasilnya sebagai berikut:

1. Sutarmidji-Norsan unggul di Dapil 1 Kota Pontianak, Dapil 2 Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah, Dapil 4 Sambas, Dapil 6 Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau, Dapil 7 Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sintang serta Dapil 8 Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang.

2. Karolin-Gidot unggul di Dapil 3 Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang, dan Dapil 5 Kabupaten Landak


Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menilai pasangan Sutarmidji-Norsan sulit dikalahkan jelang pencoblosan pada 27 Juni menndatang. Dia menyebut Sutarmidji-Norsan paling berpeluang untuk menang.

"Jika golput masing-masing pendukung pasangan calon proporsional (tidak timpang) maka, sulit bagi pasangan Sutarmidji-Norsan dikalahkan. Sutarmidji-Norsan paling berpeluang menang di Pilkada Kalbar 2018," sebut Adjie.

Pilgub Kalbar akan diikuti tiga paslon yaitu Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot yang diusung PDI-P, Demorat, dan PKPI; Sutarmidji-Ria Norsan yang diusung Golkar, Nasdem, PKB, PKS, Hanura; serta Milton Crosby-Boyman Harun yang diusung Gerindra dan PAN.


(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed