DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 12:14 WIB

Tragedi Danau Toba, Tim SAR Masih Cari Korban yang Hilang

Ferdinan - detikNews
Tragedi Danau Toba, Tim SAR Masih Cari Korban yang Hilang Ilustrasi/pencarian korban KM Sinar Bangun di Danau Toba. (Foto: Dok. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Operasi pencarian korban KM Sinar Bangun, yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, memasuki hari keenam. Pencarian korban dilakukan dengan tiga sistem.

Kepala Kantor SAR Medan, yang juga SAR Mission Coordinator tenggelamnya KM Sinar Bangun, Budiawan, menjelaskan tiga sistem pencarian dilakukan di permukaan air, pencarian dalam air, hingga penyisiran di bibir Danau Toba.

"Pencarian di permukaan air diperluas sampai radius 30 km. Tim kita bergerak 100 orang dengan 18 perahu karet," kata Budiawan saat dihubungi, Sabtu (23/6/2018).



Sedangkan pencarian di dalam air menggunakan side scan sonar. Alat ini mampu melakukan penginderaan hingga kedalaman 600 meter.

Alat ini digunakan di area diduga lokasi tenggelamnya KM Sinar Bangun pada Senin (18/6). "Sedangkan pencarian di bibir Danau Toba dibagi dua sektor, yakni timur laut dan arah utara. Ada 37 orang menyisir di darat," sambungnya.

Hingga saat ini, ada 18 orang yang ditemukan selamat dan 3 penumpang KM Sinar Bangun yang ditemukan tewas. Sedangkan jumlah korban hilang yang dilaporkan di posko tercatat 184 orang.

Terkait kejadian ini, kepolisian menetapkan nakhoda KM Sinar Bangun berinisial SS sebagai tersangka. SS akan menjalani pemeriksaan di Polda Sumut.
(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed