DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 16:49 WIB

Prabowo Galang Dana, Golkar: Pencitraan Tak Didukung Cukong

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Prabowo Galang Dana, Golkar: Pencitraan Tak Didukung Cukong Politikus Partai Golkar Sarmuji (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meluncurkan aplikasi sarana penggalangan dana @GALANGPERJUANGAN untuk perjuangan politik. Partai Golkar menilai penggalangan dana tersebut sebagai upaya Prabowo mendapatkan logistik dan mencitrakan tidak adanya pemilik modal alias cukong di belakangnya.

"Pak Prabowo mau mencapai dua tujuan sekaligus. Pertama, mendapatkan logistik; kedua, membangun citra bahwa di belakang dia tidak ada cukong," kata Wasekjen Partai Golkar Sarmuji kepada detikcom, Jumat (22/6/2017).


Kendati demikian, menurut Sarmuji, dua hal tersebut akan sulit dicapai Prabowo. Sebab, keberhasilan penggalangan dana berurusan dengan dukungan rakyat.

"Sementara sampai sekarang dukungan ke Pak Prabowo masih lemah," ujarnya.


Ia pun mengapresiasi penggalangan dana untuk perjuangan politik yang dilakukan Prabowo dan Gerindra. Namun hal itu harus dilakukan dan dilaporkan secara transparan agar tidak rawan disalahgunakan.

"Tetapi bagi saya, penggalangan dana politik itu terlalu konvensional. Saya akan mendorong partisipasi nonfinansial untuk memenangkan Pak Jokowi sebagai capres Golkar," katanya.


"Jika tujuannya untuk memenangkan hati rakyat dan rakyat dapat melakukan itu dengan dana mereka sendiri, itu akan lebih baik. Uang tidak perlu mampir ke tim capres, tidak rawan disalahgunakan. Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat," lanjut Sarmuji.

Sebelumnya, Prabowo meluncurkan aplikasi gerakan donasi @GALANGPERJUANGAN untuk perjuangan politik. Prabowo mengumumkan peluncuran gerakan tersebut melalui akun Facebook-nya.


Dilihat detikcom di akun Facebook Prabowo Subianto, Jumat (22/6), Prabowo mengunggah video berdurasi 19 menit 46 detik terkait peluncuran gerakan tersebut. Video itu diunggah juga dengan menuliskan deskripsi berjudul 'Prabowo Subianto Umumkan Gerakan Donasi @GALANGPERJUANGAN'.

"Pada hari ini, Kamis, 21 Juni 2018, saya Prabowo Subianto, melalui akun Facebook ini secara resmi saya umumkan peluncuran sebuah aplikasi sarana penggalangan dana yang secara khusus diperuntukkan guna mendukung perjuangan politik kita demi perbaikan kondisi Bangsa, Negara, dan Rakyat Indonesia," tulis Prabowo dalam catatan pengantar video tersebut.


Saksikan juga video 'Prabowo Galang Donasi untuk Biayai Ongkos Politik':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed