Datangi Polisi, Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Minta Diperiksa

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 22 Jun 2018 14:57 WIB
Danick Danoko (kanan) berkacamata dan berkemeja putih/Foto: Kanavino-detikcom
Jakarta - Mahasiswa bernama Danick Danoko yang melaporkan Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPP Gerindra Habiburokhman, mendatangi Polda Metro Jaya. Dia inisiatif untuk dimintai keterangan oleh polisi terkait pernyataan Habiburokhman soal 'mudik neraka'.

Danick datang ke gedung Ditkrimsus Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (22/6/2018) pukul 14.10 WIB. Dia didampingi oleh kuasa hukumnya Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi dan Sekjen Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian.

Fahmi mengatakan dalam pemeriksaan kali ini, Danick membawa sejumlah barang bukti baru. Namun dia belum bisa menyampaikan bukti baru apa saja yang akan diserahkan kepada polisi.


"Hari ini rencana kita akan mendatangi, secara inisiatif, supaya hari ini dilalukan klarifikasi terkait laporan adik kita ini, ada pun bukti kemarin kita sudah sampaikan, beberapa konten dan sebetulnya kita ada bukti baru, belum bisa disampaikan sekarang," ujar Fahmi.

Fahmi juga menyampaikan kliennya siap menghadirkan dua orang saksi terkait laporannya itu. Salah seorang saksi merupakan teman Danick yang melintas menuju Merak pada H-2 Lebaran.

"Ada saksi, sudah kita siapkan dua orang. Satu dari Lampung sendiri, yang satu memang temannya, yang memang tahu kondisi jalan waktu itu," ujar dia.


Habiburokhman dilaporkan oleh mahasiswa bernama Danick Danoko ke Polda Metro Jaya pada Rabu (20/6) kemarin. Danick menilai Habiburokhman telah menyebarkan kebohongan dengan menyebut 'mudik tahun ini seperti neraka'.

Danick mengatakan, pernyataan Habiburokhman soal kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten pada tanggal 13 Juni 2018 lalu, tidak sesuai fakta di lapangan. Danick sendiri mengaku pada tanggal yang sama berada di Merak dan tidak menemukan kemacetan seperti yang digambarkan oleh Habiburokhman.

"Saya H-2 itu melakukan perjalanan dari rumah ke Merak, Banten untuk nganter rekan, nganterin teman saya. Dalam perjalanan itu tidak menemukan ada kemacetan seperti yang dibilang oleh Pak Habiburokhman ini. Tapi saya nggak ke Lampung, saya balik lagi ke Jakarta. Saya cuma nganter doang sampai pelabuhan, terus saya pulang lagi ke Jakarta," tutur Danick, Kamis (21/6).

Habiburokhman telah memberikan tanggapan soal dirinya dipolisikan oleh seorang mahasiswa. Dia pun telah melaporkan balik si pelapor karena telah menudingnya berbohong.

(knv/mei)