Pemkot Nunggak Bayar Listrik Rp 37 M, Jalan Pekanbaru Gelap Gulita

ADVERTISEMENT

Pemkot Nunggak Bayar Listrik Rp 37 M, Jalan Pekanbaru Gelap Gulita

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 22 Jun 2018 10:55 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Untuk kesekian kalinya, Pemkot Pekanbaru menunggak biaya penerangan jalan umum (PJU) senilai Rp 37 miliar. Imbasnya, listrik PJU dipadamkan PLN Pekanbaru.

"Pemadaman PJU kita lakukan karena adanya tunggakan selama tiga bulan terhitung April, Mei, dan Juni. Nilainya sekitar Rp 37 miliar," kata pejabat Humas PLN Cabang Pekanbaru, Komang, kepada detikcom, Jumat (22/6/2018).

Komang menjelaskan pemutusan arus listrik PJU dilakukan sejak jatuh tempo pembayaran pada 21 Juni 2018 sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Batas akhir pembayaran setiap bulannya pada 21 Juni. Tapi batas waktu itu sudah tiga bulan tunggakan belum dibayarkan pihak Pemkot Pekanbaru ke kita," kata Komang.

Pihaknya akan tetap memadamkan lampu jalan sampai ada kesepakatan soal pembayaran. Tagihan PJU sebenarnya setiap bulan sudah dilakukan penagihan ke Dishub Pemkot Pekanbaru sebagai pihak yang menangani PJU.

"Memang ada alasan Pemkot Pekanbaru soal selisih pemakaian listrik. Tapi kan setiap bulannya, kita bersama-sama dengan Dishub Pemkot dalam menghitung penggunaaan PJU," kata Komang.

Dalam hitungan pihak PLN, kata Komang, penggunaan daya listrik PJU selama tiga bulan mencapai 27 juta VA.

"Kalaupun pihak Pemkot mengklaim ada penyambungan liar di PJU, itu kan tugas dari Dishub-nya. Kalau kita diajak kerja sama untuk menertibkan, kami juga siap," kata Komang. (cha/asp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT