DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 18:50 WIB

Bercanda Bom di Bandara Komodo, WN Portugal Dibawa ke Kantor Polisi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Bercanda Bom di Bandara Komodo, WN Portugal Dibawa ke Kantor Polisi Ilustrasi bercanda bom di pesawat (Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta - Bercanda soal bom di dalam pesawat kembali terjadi. Kali ini dilakukan seorang warga negara (WN) asal Portugal berinisial MR (52) di Bandara Internasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peristiwa terjadi pada hari ini, Kamis (21/6/2018) pukul 16.45 Wita. Pesawat itu hendak terbang dari Manggarai Barat menuju Denpasar, Bali.


Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham Abast mengatakan pada saat boarding, penumpang pria berkebangsaan Inggris berinisial JR membawa boks besar berwarna kuning. Saat ditanya pramugari, JR menjawab kotak yang dibawanya berisi alat-alat kamera.

"Namun secara spontan salah satu WNA wanita atas nama MR yang duduk di belakangnya menyebut 'BOMBS'. Pernyataan tersebut juga didengar oleh ground staff atas nama Arifin Karno," ujar Jules lewat keterangan tertulisnya, Kamis (21/6/2018).


Kemudian kapten pesawat memerintahkan semua penumpang diturunkan untuk dilakukan pemeriksaan barang bawaan kabin dan bagasi, serta melakukan body check secara manual.

Hasil pemeriksaan sementara oleh pihak Bandara Komodo yang disaksikan petugas KP3 Udara Bandara Komodo Polres Manggarai Barat, koper tersebut berisi peralatan kamera. Penumpang yang terlibat lalu dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut bersama penyidik khusus yang diberi wewenang sesuai UU/1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

"Sudah dibawa ke Polres Manggarai Barat. Masih akan dilakukan pemeriksaan sambil menunggu Penyidik PPNS dari Kementrian Perhubungan," ujar Jules.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed