DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 18:54 WIB

Ronny Yakin Dianiaya Herman Hery: Saya Juga Diinjak

Carlo Homba - detikNews
Ronny Yakin Dianiaya Herman Hery: Saya Juga Diinjak Ronny Yuniarto (topi) di Mapolres Jaksel melaporkan dianiaya oleh Herman Hery (Carlo Homba/detikcom)
Jakarta - Ronny Yuniarto Kosasih mengaku dianiaya anggota DPR Herman Hery. Ronny mengatakan dirinya tidak hanya dipukul, tapi juga ditendang hingga diinjak.

"Brutal kalau udah sampai kayak gini, ditendang mukanya ya brutal namanya," kata Ronny kepada wartawan di Polres Jaksel, Jalan Wijaya II, Kebayoran Lama, Jaksel, Kamis (21/6/2018).

Ronny mengaku ditendang beberapa kali oleh Herman Hery dan ajudannya. Dia bahkan diinjak ketika tersungkur ke tanah.

"Saya ngerasa ditendang beberapa kali, karena saat saya tersungkur, saya kerasa diinjak, ditendang," katanya.



Dalam kejadian itu, Ronny mengalami patah jari kelingking. Dia tidak ingat bagaimana kelingkingnya bisa patah.

"Saya nggak tahu sudah korban pengeroyokan sudah jatuh saya nggak tahu pas kejadian gimana, nggak berasa saat kejadian. Udah ditendangin diinjak-injak," tuturnya.

Dia hanya merasakan pusing setelah itu. "Sudah nggak berasa yang saya rasa di muka karena saya kerasa kleyengan," ucapnya.



Saat kejadian itu, ada polisi yang menilangnya yang menyaksikan peristiwa itu. Namun Ronny tidak mau berkomentar mengapa polisi tersebut tidak berusaha melerai.

"Saya udah nggak lihat ke situ, yang saya lirik istri saya aja. Saya lihat cuma istri saya yang lindungin saya, dia yang kena tendang, saya fokus ya ke istri," katanya.

Sementara itu, Iris Ayuningtyas Ganda, istri Ronny, menjelaskan bagaimana dia berusaha melindungi suaminya yang tengah dikeroyok saat itu.

"Saya sudah lemas bener ya, saya udah nggak mikir saya sendiri istilahnya wanita cuma tolongin suami saya," kata Iris.



Mengenai keyakinan bahwa pelaku ialah Herman, kuasa hukum Ronny lainnya, Febby Sagita, mengatakan itu karena pelaku menggunakan mobil Rolls-Royce bernopol B-88-NTT.

"Mobil seperti ini jarang ya, bukan mobil yang umum digunakan oleh banyak masyarakat sehingga sedikit lebih gampang untuk mengidentifikasi bahwa ini mobil milik siapa," ungkap Febby.

Pihaknya juga mencari tahu ke komunitas otomotif. Dari pelbagai penelusuran itulah diketahui terduga pelaku adalah Herman Hery.

"Mobil kita cari tahu, kita teman-teman otomotif yang tahu dan kita dapat bahwa HH adalah orang yang biasa menggunakan mobil tersebut," ujar Febby.

Untuk meyakinkan bahwa pelaku adalah Herman Hery, pihaknya mencari tahu foto anggota DPR Komisi III tersebut. Foto tersebut kemudian dikroscek kepada Iris Ayuningtyas, yang merupakan istri Ronny.

"Kemudian kita cari fotonya dan kita konfirmasi ke korban, kita konfirmasi ke istrinya bahwa benar apakah ini orangnya, 100% mereka yakin. Beliau adalah anggota komisi III DPR RI dari Fraksi Pemenangan Pemilu tahun 2014 yang lalu," papar Febby.

Atas tuduhan itu, pengacara Herman Hery membantah peristiwa penganiayaan terhadap Ronny. Dia menyatakan apa yang disampaikan pihak Ronny merupakan pembunuhan karakter.

"Kronologi peristiwa kejadian di jalur busway pada tanggal 10 Juni 2018 adalah tidak benar sepanjang hal itu dikaitkan dengan Herman Hery sebagai pelaku," kata pengacara Herman, Petrus Selestinus, dalam keterangan pers.
(rvk/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed