DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 11:00 WIB

PDIP Pantau Pelaporan Herman Hery ke Polisi soal Pemukulan Pemobil

Elza Astari Retaduari - detikNews
PDIP Pantau Pelaporan Herman Hery ke Polisi soal Pemukulan Pemobil Herman Hery (Rachman Haryanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Herman Hery Dipolisikan
Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi PDIP Herman Hery dilaporkan ke polisi atas tuduhan pengeroyokan. Herman terancam sanksi dari PDIP bila terbukti bersalah.

Ketua Bidang Kehormatan Partai PDIP Komarudin Watubun mengaku belum mengetahui soal pelaporan terhadap Herman. Namun pihaknya siap memproses Herman secara internal partai sambil menunggu berjalannya proses hukum anggota Komisi III DPR itu.

"Belum, saya belum dapat info itu. Tapi kalau pihak korban melaporkan, kita proses. Siapa pun yang melakukan pelanggaran terhadap disiplin organisasi, tidak ada yang kebal," ucap Watubun saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (21/6/2018).


Meski begitu, dia belum bisa memastikan sanksi yang akan diterima Herman. Sebab, menurut Watubun, kasus tersebut harus diperiksa lebih dulu oleh bidang kehormatan PDIP.

"Tergantung tingkat kesalahan. Kalau orang itu tidak salah, laporan tidak benar, ya kita rehabilitasi. Kalau laporan benar, ada dua hal, teguran atau pemecatan. Itu protapnya seperti itu.Tergantung dari hasil pemeriksaan," jelas anggota Komisi II DPR tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Herman Hery dilaporkan oleh warga bernama Ronny Yuniarto Kosasih ke Polres Metro Jakarta Selatan atas tuduhan pengeroyokan. Kasus tersebut dipicu masalah lalu lintas.



Peristiwa tersebut berawal saat Ronny memacu mobilnya melewati busway. Dia pun ditilang polisi. Mobil Herman yang berada di belakang mobil Ronny disebut tak ikut ditilang. Ketika Ronny menanyakan hal tersebut kepada polisi yang menilangnya, Herman langsung menghampiri Ronny dan diduga melakukan penganiayaan.


Mendapat serangan itu, Ronny refleks membalas. Namun ajudan Herman disebut juga ikut menyerang Ronny sehingga korban terjatuh di busway tersebut.

"Kemudian istri korban lihat, turun dari mobil buat melerai, ternyata juga ikut dipukul. Di dalam mobil (korban) ada suster satu, lalu anak korban. Nah korban ini baru pulang dari ada tarawehan di mana gitu," terang kuasa hukum Ronny, Febby Sagita, Kamis (21/6).

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Minggu, 10 Juni 2018. Ronny melapor ke Polres Metro Jakarta Selatan. Ronny lalu melaporkan Herman ke Polres Metro Jakarta Selatan sehari setelahnya.

Herman Hery belum bisa dimintai konfirmasi mengenai laporan ini. Telepon dan pesan singkat yang dikirimkan melalui nomor seluler miliknya belum direspons.



Tonton juga video: 'Polisi Ciduk Pemobil yang 'Seruduk' Polantas di Matraman'

[Gambas:Video 20detik]




(elz/fjp)
FOKUS BERITA: Herman Hery Dipolisikan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed