DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 07:21 WIB

PNS DKI Berani Bolos Hari Ini? Siap-siap Tak Dapat Tunjangan

Mochamad Zhacky - detikNews
PNS DKI Berani Bolos Hari Ini? Siap-siap Tak Dapat Tunjangan PNS DKI Jakarta terlambat mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Foto: Marlinda/detikcom
Jakarta - Pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta yang bolos pada hari pertama seusai libur lebaran akan mendapatkan sanksi. Bagi PNS yang bolos akan mendapatkan sanksi berupa penghilangan tunjangan kinerja daerah (TKD).

"Kan sudah ditentukan, ya, bahwa kalau PNS itu tidak masuk tanpa alasan atau tanpa keterangan maka akan ada sanksinya. Sanksinya itu bisa tidak dapat TKD," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Syamsuddin Lologau kepada detikcom, Rabu (20/6/2018).

Tak hanya PNS yang bolos yang akan mendapatkan hukuman. PNS yang telat pun akan dikenai sanksi.



"Ah, kalau datang telat juga ada pemotongan. Ya (kalau yang bolos tanpa keterangan nggak dapat TKD, kalau yang telat pemotongan)," ujar Syamsudin.

Syamsudin menuturkan penghilangan dan pemotongan TKD sudah diatur dalam sistem absensi PNS DKI. Namun, dia mengaku akan tetap memantau.

"Kita akan cek jam 07.30 WIB, kan besok sudah normal jam kerjanya. Jadi kalau jam 07.30 WIB belum masuk kan sudah kena (sanksi), kan dari sistem. sudah tersistem. Jadi kalau nggak masuk, kalau telat semenit, sekian menit, ada (hitungannya)," papar Syamsudin.



Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno sebelumnya mengimbau para PNS DKI untuk langsung bekerja maksimal usai libur lebaran. Menurutnya, libur PNS sudah cukup panjang.

"Sudah libur panjang banget, ayo dong balik ke kantor tepat waktu dan langsung produktif. Jadi kalau liburannya sudah cukup panjang jadi saya rasa ini mereka bisa kembali dengan fresh," kata Sandi di Anjungan DKI, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/6).



'Ingat! PNS yang Bolos Bisa Kena Sanksi'! Saksikan video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed