DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 18:15 WIB

Pencarian Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba Dilanjutkan Besok

Elza Astari Retaduari - detikNews
Pencarian Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba Dilanjutkan Besok Foto: Prajurit TNI AL bantu cari korban kapal KM Sinar Bangun. (Dok TNI AL).
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Pencarian korban kapal KM Sinar Bangun di Danau Toba untuk hari ini dihentikan. Tim SAR gabungan akan melanjutkan pencarian korban esok hari.

Komandan Lantamal I/Belawan, Laksma Ali Triswanto merinci kegiatan pencarian korban yang dilakukan pihaknya bersama Basarnas, Polri, dan jajaran TNI lainnya. Dari data TNI AL, 2 korban tewas berhasil ditemukan hari ini. Namun pihak Basarnas menyebut ada tambahan satu korban tewas lain yang ditemukan sore tadi sehingga korban tewas dinyatakan jadi 4 orang dan seluruhnya merupakan perempuan.

"Pukul 14.00 sampai dengan 16.00 Tim Penyelam dari Yon Taifib, dan Basarnas memasang pelampung di lokasi tenggelamnya KM Sinar Bangun," ujar Laksma Ali kepada detikcom, Rabu (20/6/2018) pukul 17.47 WIB.


Tim SAR memutuskan mengakhiri pencarian hari ini pada pukul 17.00 WIB. Tim gabungan akan melanjutkan pencarian korban kembali esok pagi, Kamis (21/6).

"Pada hari Kamis 21 Juni, Tim Pushidrosal TNI AL direncanakan akan berangkat ke Danau Toba untuk membantu kegiatan SAR dengan membawa peralatan: Echosounder Multibeam, Magnetometer dan Side Scan Sonar dengan penetrasi sampai dengan kedalaman 600 m," kata Ali.


Sebelumnya diberitakan, Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi menyatakan, hingga siang tadi, ada 192 orang yang dilaporkan hilang. Jumlah itu merupakan laporan masyarakat yang menyatakan anggota keluarganya hilang, tapi belum tentu ikut dalam kapal nahas tersebut.

Syaugi menyebutkan sudah ada 4 penumpang yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Korban yang terakhir ditemukan sekitar pukul 14.20 WIB, berada di 3-5 km dari lokasi tenggelamnya kapal.
(elz/bar)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed