DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 10:09 WIB

Waspada! Arus Balik Diprediksi Kembali Terjadi Akhir Pekan Ini

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Waspada! Arus Balik Diprediksi Kembali Terjadi Akhir Pekan Ini Ilustrasi contraflow di jalur tol. (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Arus balik ke Jakarta sempat disampaikan Kakorlantas Irjen Royke Lumowa mengalami peningkatan pada Selasa (19/6). Setelah itu, arus balik kembali diprediksi terjadi pada akhir pekan ini.

"Sabtu-Minggu (23-24 Juni), itu prediksi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf ketika dihubungi, Rabu (20/6/2018).


Arus balik diperkirakan memang terpecah, yaitu pada Selasa (19/6) malam hingga Rabu (20/6) ini serta akhir pekan mendatang, karena banyak pemudik yang memperpanjang masa cuti. Namun Yusuf berharap arus balik akhir pekan nanti tidak sepadat semalam.

"Hari ini masih landai, mudah-mudahan kemarin malam itu puncaknya, biar hari ini nggak terlalu lama," ujar Yusuf.

Saat arus balik malam tadi, petugas memberlakukan sistem one way atau satu arah dari Jawa Tengah ke Jakarta. Yusuf mengatakan sistem one way sempat dikeluhkan karena banyak yang belum tahu. Tapi, menurutnya, untuk ke depan akan lebih baik lagi sosialisasinya.


"Kemarin waktu pertama kali (sistem one way) diberlakukan itu, ya memang ada betul ada orang yang mengatakan demikian (sistem one way berimbas macet di jalur arteri), karena dia baru tahu. Tapi, setelah hari kedua, kayaknya yang nanya-nanya itu sudah mulai berkurang, karena kita sudah beritakan dari kemarin," kata Yusuf.

"Jadi prioritas arus balik, kan ada di dalam kota dan arus balik. Jadi kita prioritaskan yang arus balik, karena dia kan perjalanannya sudah jauh," imbuhnya.
(knv/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed