DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 19:46 WIB

Poster Hitler di LP Tangerang yang 'Alihkan' Fokus Sidak Ombudsman

Indra Komara - detikNews
Poster Hitler di LP Tangerang yang Alihkan Fokus Sidak Ombudsman Ruang KPLP Lapas Pemuda Tangerang, Selasa (19/6/2018) Foto: Indra Komara-detikcom
Jakarta - Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di LP Pemuda Tangerang. Sejumlah ruangan diperiksa, mulai dari dapur, ruang pemeriksaan, sampai ruang pengawasan CCTV di ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP).

Dua anggota Ombudsman, Adrianus Meliala dan Ninik Rahayu menyoroti masalah CCTV yang kurang maksimal. Saat menyoroti kamera pengawas, Adrianus mendadak mengalihkan fokusnya ke sebuah poster di dinding ruang KPLP.

Di antara foto-foto yang dipajang, rupanya ada satu poster yang menarik perhatian Adrianus. Di dinding itu ada poster Adolf Hitler.



"Itu ada poster Adolf Hitler? Kantor negara nggak boleh nih. Gimana pak Kalapas? Siapa yang punya KPLP?" kata Adrianus, Selasa (19/6/2018).

Petugas KPLP berjanji akan menurunkan poster Hitler tersebut. Di dinding itu juga dipajang foto Soekarno.

Adrianus dan Ninik kemudian kembali membahas CCTV yang tidak dimanfaatkan maksimal di lapas. Ada dua CCTV yang ditemukan tak berfungsi. Tanggal dan tahun CCTV juga tidak sesuai dengan keterangan waktu kondisi terkini.

Ninik mengatakan CCTV menjadi perhatian serius petugas lapas yang harus diperhatikan. Sebab aktivitas para napi bisa terekam selama 24 jam.

"Itu tadi lihat tahun 2000, padahal CCTV untuk melihat ruangan lapas dari jam dan menit untuk melihat situasi yang mengancam atau sakit itu tidak dimanfaatkan, tidak dijaga menurut saya ini serius untuk jadi perhatian," ujar Ninik.

(idn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed