Wakapolri Prediksi Arus Balik di Merak Mulai Ramai Rabu Nanti

Wakapolri Prediksi Arus Balik di Merak Mulai Ramai Rabu Nanti

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 18 Jun 2018 18:04 WIB
Wakapolri Komjen Syafruddin saat meninjau jalur mudik di Merak (Foto: M Iqbal-detikcom)
Wakapolri Komjen Syafruddin saat meninjau jalur mudik di Merak (Foto: M Iqbal-detikcom)
Cilegon - Wakapolri Komjen Syafruddin memprediksi gelombang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni-Merak naik secara signifikan pada Rabu (20/6) nanti atau H+5 Lebaran.

Dia memprediksi penumpukan penumpang akan terjadi di Pelabuhan Bakauheni hingga Minggu (24/6) meskipun sudah ada masyarakat yang masuk kerja sejak Kamis-Jumat (21-22/6).


"Arus balik diperkirakan mungkin gelombangnya itu hari Rabu sampai hari Minggu walaupun Kamis-Jumat sudah hari kerja tapi tentu ada masyarakat yang bekerja di swasta tentu ada waktu yang sudah mereka perhitungkan," kata Syafruddin kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Senin (18/6/2018).

Syafruddin mengatakan kepadatan akan terjadi di Pelabuhan Bakauheni. Sedangkan Pelabuhan Merak, kata dia, diprediksi akan kondusif.


"Mudah-mudahan kita berdoa arus baliknya bagus, kalau Merak kelihatannya akan kondusif nanti arus baliknya itu di Bakauheni akan terjadi penumpukan atau peak-nya di Bakauheni, arus mudiknya di Merak ini kebalikan nanti," ujarnya.

Dia berharap arus mudik tahun ini bisa lancar dibantu dengan adanya tol Lampung yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Joko Widodo. "Apalagi tol di Lampung itu jadi ini akan mudah-mudahan cepat cair nanti akan dibantu dengan Merak," kata Syafruddin.


Melihat Arus Balik Mudik 2018 dari Udara, cek video selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)