DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 11:27 WIB

Sukabumi-Jakarta 12 Jam, Dicky Harap Tol Bocimi Cepat Beroperasi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sukabumi-Jakarta 12 Jam, Dicky Harap Tol Bocimi Cepat Beroperasi Pengalaman Dicky Hardian menempuh waktu 12 jam dari Sukabumi ke Jakarta di H+2 Lebaran 2018. (Foto: Pembaca detikcom/Dicky Hardian)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Pembaca detikcom, Dicky Hardian, menceritakan perjalanan pulang ke Jakarta dari kampung halamannya di Sukabumi, Jawa Barat. Dicky mengaku menempuh waktu selama 12 jam saat menjalani arus balik.

"Saya dari Sukabumi ke Jakarta tembus 12 jam. Kita pikir ini kan masih libur, tapi ternyata macet," kata Dicky saat dihubungi, Senin (18/6/2018).

Dicky mengatakan berangkat dari RS Syamsuddin di Kota Sukabumi sebelum memasuki waktu magrib. Dia ingat saat keluar dari Jalan Tol Jatiwaringin sekitar pukul 06.30 WIB.


Selama perjalanan itu, Dicky mengaku tidak sempat beristirahat karena tidak bisa meminggirkan kendaraannya. Dia memperkirakan jarak yang ditempuh tak sampai 150 km.

"Nggak sempet istirahat. Karena tidak bisa minggir. Pokoknya luar biasa sih ini. Jarak saya cuma 110 km. Sudah kayak ke Jawa Tengah. Kayak kita ke Yogya akan 8 jam nyampe kalau lancar," ucap dia.

Dicky mengaku kesulitan beristirahat karena kemacetan yang tak putusDicky mengaku kesulitan beristirahat karena kemacetan yang tak putus. (Pembaca detikcom/Dicky Hardian)


Dicky mengatakan perjalanan di luar masa mudik untuk menuju Sukabumi ataupun arah sebaliknya memakan waktu 5-6 jam dalam sekali perjalanan.

"Kalau sekarang ke Sukabumi udah nggak bisa 5 jam. Banyak jalan berlubang, belum lagi ada pasar di Cicurug, Cibadak, Cisahat. Itu kalau ke Sukabumi lewat situ," ujar dia.

Dicky mengatakan kondisi ini tak pernah berubah dari tahun ke tahun. Dia mengatakan sempat menghabiskan waktu lebih dari 24 jam pada 3 tahun lalu. Dia berharap Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dapat segera dioperasikan.


"Sangat berharap, semoga Tol Bocimi segera selesai. Kalau begini terus kan mobil rusak. Kita mau berhenti nggak bisa, mau istirahat nggak bisa. Jadi mobil nyala terus," ujar dia.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!

Lihat 'Penampakan Kemacetan Parah MenujuAnyer' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/rvk)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed